Yang Muda, Mari Mandiri!


pameran

Sabtu kemarin (19 Januari 2013), saya baru saja mengunjungi pameran wirausaha yang diadakan oleh Bank Mandiri. Di dalam pameran tersebut, ada banyak stand dengan produk-produk hasil wirausaha para usahawan di tanah air. Mulai dari Indonesia paling Sabang sampai Merauke, berkumpul jadi satu. Bisa dibayangkan dong, banyak-nya stand itu. Produk seperti Makanan, clothing, rumah, hiasan, mainan anak-anak, sampai pada bimbingan belajar dipamerkan disini. Seluruh wirausahawan ini, mendapatkan bantuan dana dari Bank Mandiri.

wirausaha-mandiri

Saya sangat excited dengan acara itu. Terlebih pada keikut sertaan anak-anak muda seumuran saya yang sudah berani mengambil langkah untuk menjadi entrepreneur. Tidak mudah ya, menjadi sukses seperti mereka, pasti ada prosesnya. Tapi keberanian mengambil langkah untuk mandiri itu lah yang mengantarkan mereka seperti sekarang ini.

Acara menarik di hari itu, juga disuguhkan pertunjukan costplay dan penayangan animasi karya anak bangsa. Saya takjub ya. Ternyata, animasi kita sudah diakui di dunia lho. Pembuktian luar biasa, bahwa anak muda Indonesia sudah mampu berkarya dan mengangkat nama Indonesia.

7

Niatnya, Cuma lihat-lihat aja. Tapi, dasar saya nya ya nggak bisa lihat barang diem di tempat. Akhirnya, saya pun beli. Saya mencoba kripik pisang selai dari Padang. “Ini saya bikin sendiri lho,” ujar ibu-ibu penjualnya. *maap, lupa nanya namanya.

Saya pun tertarik untuk bertanya tentang bagaimana usaha ibu ini bisa sampai mendapat bantuan dari Bank Mandiri. “Iya, jadi ada program Mandiri untuk memberikan pinjaman dana tanpa agunan. Dan, dana itu bisa dikembalikan dengan dicicil dan bunga yang ringan.”, jelas si ibu itu. Wow, mudah sekali ya. Suatu saat nanti, kalau saya sudah dibolehkan berwirausaha saya akan cawe-cawe Bank Mandiri buat kasih bantuan modal. *hahaha.

3

Beda lagi dengan para wirausahawan muda. Mandiri punya program lagi, kalau nggak salah namanya Wirausaha Muda yang ditujukan kepada para anak-anak muda. Untuk program ini, dana diberikan secara gratis bagi yang lolos seleksi. Mantap kan? Kalau yang ini saya memang pernah dengar slintingan-slintingan nya. Info lengkapnya ada disini.

Saya senang sekali, semakin hari semakin banyak bank-bank yang mendukung dan memberikan bantuan dana untuk mereka-mereka yang ingin berwirausaha. Usut punya usut, salah satu alasan instansi keuangan ini memberikan bantuan adalah untuk menekan angka inflasi di Indonesia. Apa hubungannya?

20130119_113901

Beberapa waktu lalu, saya sempat ngobrol dengan saudara saya yang bekerja di salah satu bank di Indonesia.  Ada beberapa pilar penting di dunia ekonomi yang bisa menekan inflasi di Indonesia, diantaranya adalah meningkatkan ekspor , mengurangi impor dan meningkatkan jumlah UKM di Indonesia. Akhirnya, bank-bank di Indonesia pun berusaha mandiri (tidak bergantung pada pemerintah), yaitu dengan terjun langsung ke masyarakat dan mendukung gerakan wirausaha mandiri ini.

Hiasan dari kulit jagung
Saya juga beli pin dari kulit jagung ini

Pada intinya, saya menangkap bahwa kita dianjurkan untuk mandiri memenuhi kebutuhan kita sendiri. Jangan bergantung terlalu banyak pada Negara lain. Kalau bisa buat sendiri, kenapa harus beli? Malah kalau bisa, kita yang harus memenuhi kebutuhan Negara lain dengan meningkatkan ekspor sebanyak-banyaknya. Begitulah hehe.  Jadi, dengan menjadi wirausaha secara tidak langsung kita juga turut membangun bangsa menjadi bangsa yang lebih baik lagi. Mari mandiri!

masih inget sama mainan ini? Yang pernah TK, pasti inget dong! >_<
masih inget sama mainan ini? Yang pernah TK, pasti inget dong! >_<

Akward moment :

dan ngeblur... *makasi ya mas2 yg moto-in sampe tangannya gemetaran gitu.
dan ngeblur… *makasi ya mas-mas yang foto in.. T_T

NB :

Iseng-iseng ternyata saya baru tahu kalau ada kontes blog yang diadakan oleh Bank Mandiri! aaakk… Kenapa saya baru tahu di hari terakhir pendaftarannya. *cupu cupu cupu. Nggak berharap menang sih, tapi seenggaknya kan bisa ikut berpartisipasi. Buat temen-temen yang mau ikutan ngeblog juga atau bernasib sama seperti saya, come on Guys! Hari ini terakhir. (*10 Desember 2012 s/d 11 Februari 2013). Daftarnya disini ya, Blog Kontes Mandiri Saja.

Nanosatelit, Saatnya yang Muda yang Beraksi


Mengapa nanosatelit, identik dengan para muda mudi? Karena, mayoritas peminatnya adalah para mahasiswa (dan muda). Nanosatelit sesuai dengan nama depannya, “nano” yang berarti ukuran nya sangat kecil sekali. Nano itu, adiknya Mili (*ada milimeter, ada nanometer). Sedangkan, satelit ya… yang seperti sudah kita ketahui selama ini lah. (*ciyee padahal bingung jelasinnya).

Oke. Saya sedang mencari perbedaan nanosatelit dengan mormalsatelit yang ada sekarang. Yang pasti selain ukuran. Bagi penggemar dunia persatelitan, mengawali dengan nanosatelit bisa menjadi pilihan yang bagus. Siapa tahu kan ya, pengin bikin satelit. Dibuat dari yang nano-nano dulu lah, (small size). Dalam pengerjaannya, nanosatelit bisa menghabiskan dana total sekitar 2 – 3 milyar rupiah.  Tuh, duwit segitu mungkin bisa beli rumah + mobil + perabot isinya + modal kawin + beranak pinak. Bisa dibilang lebih murah ya, karena dibandingin bikin satelit yang normal, bisa menghabiskan dana sekitar 1 – 3 Triliun.

Buat para generasi muda, mungkin cuma mereka-mereka yang basic nya milyuner baru bisa bikin satelit sampe persis mengangkasa. Coba Paris Hilton mau bikin satelit ya? *Secara doski tajir berlebihan gitu bok, tapi urusan apa juga seorang Paris Hilton bikin satelit. Karena itu, para muda-mudi ini digandeng oleh instansi pemerintah untuk membuat nanosatelit. Bener sih, kalau pemerintah ikut campur kaki-tangan buat project ini karena hasil dari pembuatan nanosatelit bisa digunakan untuk kepentingan negara beserta rakyatnya. *Hahaha. Getok tongkat ala raja.

Kenapa muda-mudi? Karena yang muda masih punya semangat tinggi buat bikin sesuatu. Dan saya sebagai salah satu generasi muda juga merasakan itu. Apalagi kalau sasarannya mahasiwa, beuhh…loyalitasnya lebih dapet. Ditambah, yang nyuruh dosen. “Kerjakan, atau nilai jadi C.” Udah deh, pasti jalan tuh… *Itu sih ngancem.

Yah, buat para muda-mudi, satelit itu menjadi salah satu alat komunikasi yang penting. Karena dengan satelit, kita bisa melihat pergerakan bangsa-bangsa di dunia. Semua data bisa kita dapat, video-voice-teks, atau apapun bisa ditranmisikan lewat satelit real time. Jadi kebayang dong ya? Saat ini, saya sedang mencari informasi teknis berkaitan dengan nanosatelit. Hadeeuh…in english semua ya bok referensi nya. Ada yang punya dalam bahasa Indonesia? Saya lagi cinta mati sama bahasa ini. Monggo kita saling share. Yuk ah.