Telor Dadar Kornet


Telor dadar kornet sudah jadi menu wajib yang selalu dihidangkan seminggu sekali buat saya dan suami. Gampang banget, dan cepat hanya 10 menit untuk membuat telor dadar ini. Selain enak dan cepat, di dalam telor dadar kornet ini juga mengandung banyak protein yang bisa mencukupi gizi selama bulan puasa. Cocok banget deh buat kalian yang pengen sahur cepet tapi tetep sehat.

Dan bikin telor dadar ini, nggak perlu bisa masak. Nggak perlu peralatan canggih. Pakai wadah biasa aja untuk mengocok, dan kalian yang nge-kos plus tiada kompor bisa pakai reskuker untuk memanggang telor nya. Ikutin aja resep saya ini, pasti bisa. Saya bisa bikin sambil merem ngantuk loh. Yuk!

Bahan :

  • 1 butir – Telor ayam
  • 1 sachet kornet
  • 1 siung bawang putih, geprek cincang halus
  • 3 buah cabe rawit, cincang kasar
  • 1/2 sdt – kaldu jamur Totole
  • 2 sdm – Minyak goreng

Cara membuat :

  1. Kocok telur ayam bersama dengan kornet, bawang putih, cabe rawit, & kaldu jamur.
  2. Panaskan minyak goreng dalam wajan
  3. Masukkan kocokan telur ke dalam wajan, dan goreng dengan api kecil agar telor matang seluruhnya. Setelah 3 menit, balik telornya dan jangan terlalu sering digoyang-goyang supaya tidak hancur. Biarkan matang selama 2 menit. (Total goreng telur hanya perlu 5 menit)
  4. Matikan api, dan angkat telurnya. Lalu sajikan bersama nasi putih dalam keadaan hangat.

Untuk bawang-bawangannya sendiri, bisa combine juga dengan bawang bombay atau daun bawang. Kalau pakai bombay akan lebih enak karena ada rasa sedikit gurih manis.

Selamat mencoba!

NB : Saya akan berikan hasil foto telor dadar kornet asli buatan saya yang lebih proper soon ya!

Cerita Dibalik Nasi Bungkus


Masakan di Jakarta, nggak ada yang enak! Yang mahal juga belum tentu enak.

Semua perantau pasti merasakan apa yang saya rasakan pertama kali saat hijrah ke ibu kota. Apalagi perantau asal Surabaya. 🙂

Bermula dari sembilan tahun yang lalu, sejak saya merantau ke Jakarta. Berat badan langsung turun drastis 5 kg dalam waktu 2 bulan. Well, untuk ukuran badan dengan berat 55 kg menuju 50 kg itu sangat terlihat loh. Berat badan turun karena lidah saya sulit menyesuaikan dengan cita rasa masakan yang ada di ibu kota ini. Nggak ada yang bener-bener enak.

Nasi campur rasanya hambar. Soto ayam kok pakai tomat? Pecel lele, sambalnya terlalu manis. Ketoprak, saus kacangnya terlalu -kacang- banget. Gado-gado kok dimakan pakai nasi? Bubur ayam kok kerupuknya jadi satu sama buburnya sih? Dan banyak ketidak biasaan yang terjadi terutama urusan makanan.

Continue reading “Cerita Dibalik Nasi Bungkus”

TIPS Hemat & Sehat Mempersiapkan MPASI


Si anak bayi sudah waktunya makan. Berarti ini saatnya saya bebas berkreasi mencoba segala jenis makanan sehat untuk anak saya. Haha. Yeay! Kadang saking senengnya, setiap malam saya bisa menghabiskan waktu 1 jam untuk menggali informasi tentang persiapan mpasi lho. Ada ibu-ibu yang heboh beli peralatan mpasi baru. Ada juga yang mau-nya beli peralatan makan yang merk terkenal harga ratusan ribu sampai jutaan. Poin penting dari mpasi itu adalah, menyiapkan makanan tambahan yang sehat dan bergizi untuk bayi yang baru mulai belajar makan. Harus sehat dan bergizi. Nggak ada tuh kata-kata, harus beli baru. Nggak ada juga kata-kata, harus mahal. Hehe. Jadi, kita harus pinter-pinter muter otak untuk menyiapkan makanan anak bayi yang hemat, higienis, sehat, tanpa mengurangi nilai kandungan gizi nya.

Continue reading “TIPS Hemat & Sehat Mempersiapkan MPASI”

Resep : Jus Tombu – Buavita ala Rewinnita


Buat saya, menu buka puasa itu harus ada pendamping minuman yang seger-seger. Tapi, karena saya lagi hamil – pilihan minuman yang segar pun terbatas. Nggak bisa minum sembarangan. Minuman seger yang dikonsumsi harus higienis sekaligus sehat.

Nah, kali ini… karena lagi hore-hore di rumah sendiri di Surabaya, saya eksperimen bikin jus yang segar sekaligus sehat, bersama Buavita. Kenapa Buavita? Karena, Buavita adalah jus yang terbuat dari buah asli, tidak seperti minuman rasa buah yang tidak mengandung buah. Buavita ini adalah produk minuman, dengan kandungan vitamin C, A, B1, B2, B3, B6 yang juga berguna untuk tubuh kita.  Jumlah kandungan vitamin nya pun telah disesuaikan dengan  kebutuhan tubuh dalam sehari.

6

Continue reading “Resep : Jus Tombu – Buavita ala Rewinnita”

Resep : Paru Goreng Basah Ala Rewinnita


Hello, saya sekarang sudah berada di Surabaya. Kalau di Surabaya, berarti waktunya apa?? Yeah… waktunya eksperimen masak-memasak. Karena sudah liburan, saya punya banyak waktu untuk memasak dan menikmati hari-hari sebagai stay at home wife. Walaupun hanya…10 hari. Lumayan lah!

Masih dalam nuansa menjelang akhir Puasa Ramadhan. Hari ini, saya ekperimen bikin paru goreng basah. Paru goreng ini untuk lauk pendamping sayur asem saat buka puasa nanti. Suami doyan banget sama paru goreng jenis basah macam ini. Setiap pulang ke Cepu, pasti sasarannya makan pecel dengan lauk paru goreng. Kalau saya, nggak perlu pecel. Makan paru goreng sama nasi hangat aja udah berasa nikmaat bangeeett…

Continue reading “Resep : Paru Goreng Basah Ala Rewinnita”