Tiga Tahun Pasca Operasi Caesar


Kalau boleh memilih, tentu saya akan pilih melahirkan secara normal. Tapi saat itu, saya lebih ingin bayi lahir dengan selamat tanpa kekurangan apapun. Meskipun tidak bisa dengan cara melahirkan normal.

Tepat tiga tahun sudah, sejak terakhir saya operasi caesar dan anak saya lahir ke dunia. Alhamdulillah, anak saya tumbuh dengan baik. Hubungan antara saya dan anak saya juga baik, meskipun saya lebih sering bekerja di luar rumah. Dia tetap dekat, dan nurut dengan kata-kata saya dan suami.

Lalu apa yang saya rasakan sekarang, setelah tiga tahun pasca caesar?

  • Saya sering capek. Dulu, saya bisa kegiatan aktif banget selama sehari full dalam kondisi yang fit. Sejak melahirkan, kondisi badan saya tidak sekuat dulu. Kalau kerja di kantor, saya sering ngos-ngos an kalau lagi aktif. Ada yang bilang, sekali operasi caesar itu sama seperti tiga kali lahiran normal ya?
  • Muncul keloid di bekas sayatan operasi. Mungkin karena saya tidak rajin mengoles salep nya ya. Tapi well, keloid ini tidak berbahaya meskipun cukup mengganggu. Apalagi kalau ada rambut yang tumbuh di sekelilingnya. Rasanya gatel banget dan kalau digaruk, keloid nya berasa nyut-nyut an. Buru-buru saya harus cabut rambut itu, untuk meredakan gatal.
  • Di punggung – tepatnya tulang belakang – bekas suntikan bius terasa linu, kalau lagi capek banget. Linu nya terpusat di satu titik. Semriwing, seperti apa ya… Well, sulit dijelaskan. Yang pasti tidak terlalu mengganggu tapi cukup menjadi alarm bahwa saya harus segera istirahat.
  • Berat bedan masih nimbun 7 – 10 kg, belum luntur. Haha. Apakah ini efek operasi caesar? Nggak tahu sih ya, karena ada beberapa temen saya yang melahirkan dengan operasi caesar juga, tapi cling…sudah langsing lagi sekarang.

Saya nggak tahu, apakah ini juga terjadi di ibu-ibu yang melahirkan normal atau melalui caesar juga. Tapi, ini yang saya rasakan. Memang, tidak bisa dipungkiri ketika kita memiliki anak – semuanya tidak akan bisa sama lagi seperti dulu. Bentuk badan berubah, daya tahan tubuh juga berubah, dan prioritas-prioritas hidup ikut berubah juga.

Saya tidak mendukung operasi caesar ya. Biar bagaimanapun Tuhan sudah menciptakan jalan keluar bayi dari rahim. Tapi kalaupun ada ibu-ibu yang diharuskan dan terpaksa operasi caesar, saya hanya ingin bilang…. Jalani saja. Jangan dipikir terlalu berat. Kalau saya bisa menjalaninya dengan baik, kalian pasti bisa juga.

Tentunya setiap ibu punya pengalaman yang berbeda pasca operasi caesar ya. Jadi, bagaimana dengan pengalaman ibu-ibu lain nya? Sharing yuk disini. 🙂

My journey to Healthier Life


This year, 2019, I have decided to start my journey to better health. Well, Healthy living does not mean being super skinny or really ripped with muscles and defined abs. I believe being healthy means being whole, balanced and full of life. It involves having a wellness and self-care practice that is physically, emotionally and spiritually fulfilling.

However, as I have gotten older and wiser I realize that those things are just one piece of the puzzle.  There is so much more to a healthy lifestyle. I just counting days to be thirty. I remind my self every time, my attitude defines outlook going forward. I can choose to be stressed and anxious about a certain age, or i can choose to be grateful and open to another year of life on this earth. And yes, I choose number two, open my another life with a healthier life. I’ve learned there are many ways to practice self-care. I get to decide how best to prioritize my mind, body, and spirit.

Continue reading “My journey to Healthier Life”

Diapers Motif Lucu Kekinian


Anak saya sekarang umur setahun lebih empat bulan, dan makin susah dipakaikan baju. Praktis, dresscode andalan saat di rumah adalah diapers dan kaos kutang doang. Itu udah bagus, karena baru pakai diapers aja udah lari kesana kemari. Untung masih bayi, kelihatan masih lucu walau tanpa busana. Ga kebayang udah gede lari-lari, ote-ote pula. Udah saya jitak duluan mungkin lol.

Karena kostum sehari-hari hanya pakai diapers dan kutang, saya mulai menambahkan kriteria diapers untuk anak saya. Cari yang motif diapers-nya lucu-lucu ah! Supaya, anak saya tetep enak dilihat. Tentunya diapers yang nggak bikin iritasi, dan nyaman untuk dia juga ya.

Continue reading “Diapers Motif Lucu Kekinian”

TIPS Merawat Kulit Bayi Bersama #MustelaTodayForTomorrow


Satu hal yang salah kaprah dari mempersiapkan perlengkapan bayi adalah menempatkan produk perawatan kulit di prioritas terakhir. Saya salah banget waktu itu, karena terlalu menyepelekan. Produk perawatan kulit yang akan kita gunakan pada bayi harusnya ditempatkan di awal nih. Karena kulit bayi yang baru lahir itu belum berfungsi secara sempurna, sehingga membutuhkan perawatan yang tepat. Jangan dibandingkan dengan orang dewasa ya. Kulit bayi baru lahir, strukturnya masih lembut dan halus. Kulit juga lah yang melindungi organ-organ sensitif di dalam tubuh bayi.

Dulu, kehamilan usia 37 mingguan, saya baru kepikiran untuk menyiapkan produk perawatan kulit bayi. Itu baru kepikiran lho ya, belum beli. Saya inget betul, saat masuk ke toko perlengkapan bayi sempat dibikin sakit kepala sama produk-produk skin care bayi ini. Banyak banget macem-nya!

Mendadak menyesal, kenapa nggak dari dulu saya cari informasi tentang jenis produk perawatan kulit bayi ya? Paling nggak, ketika masuk ke toko perlengkapan bayi, saya sudah tahu mau beli apa.  Jujur, waktu itu, saya tahu nya cuma sabun bayi dan minyak telon doang. Yang lain, buta – asli. Nggak ngerti deh buat apa. Ini apa-an ya? Itu buat apa? Perlu nggak sih? Cocok nggak ya buat kulit bayiku nanti?Aduh, kalau udah beli trus nggak cocok, sayang juga ya nggak kepakai. Ya udah, nunggu kado aja deh!

Bingung. Akhirnya malah nggak jadi beli. Haha. Jangan ditiru ya! :p 

Nah, buat kalian calon orang tua baru, saya kasih tips produk perawatan kulit bayi apa saja yang sebaiknya disiapkan sejak dini.

Continue reading “TIPS Merawat Kulit Bayi Bersama #MustelaTodayForTomorrow”

Pantau Kehamilan Sejak Dini Melalui Aplikasi “Hallo Bumil”


Beberapa kawan baik saya sekarang lagi hamil. Ada yang hamil anak pertama, ada juga yang hamil anak kedua. Begitu mereka menceritakan kehamilannya, otomatis saya ikut senang sekali mendengarnya. Masa-masa kehamilan yang seru sedang mereka jalani. Saya jadi ingat saat hamil tahun lalu.

Waktu itu, saya rajin banget cari informasi seputar kehamilan. Mulai dari berkonsultasi dengan dokter kandungan (saat kontrol), sharing dengan keluarga, dan sahabat, sampai browsing internet dan ikut forum-forum kehamilan. Saya juga download beberapa aplikasi kehamilan melalui smartphone. Aplikasi kehamilan ini praktis bisa saya akses sambil tiduran di kamar. Sayangnya saat itu, aplikasi yang bagus dan lengkap adanya dari luar Indonesia semua ya. Otomatis bahasa yang digunakan adalah bahasa Inggris. Untuk mereka yang tidak bahasa inggris tentu harus meraba-raba artinya apa. hiks.

Continue reading “Pantau Kehamilan Sejak Dini Melalui Aplikasi “Hallo Bumil””

Sammy : DSA Galak yang Baik Hati


Selamat Pagi!

Lagi cari dokter spesialis anak (DSA) yang oke di Surabaya?

Kebetulan, Elmo cocok dengan satu dokter. Siapa tahu cocok juga untuk anak-anak bayi lainnya. Namanya Samuel Nugraha Hadi atau nama keren nya Dokter Sammy. Ini dokter anak ter-galak dan paling cerewet yang pernah saya temui. Saya setiap kesana, pasti kena omelan. Mau bener, atau salah, tetep saya selalu kena omelan.

Continue reading “Sammy : DSA Galak yang Baik Hati”

Review – Diapers yang (pernah) Dipakai Elmo


Moment coba-coba diapers dimulai saat Elmo usia 5 bulan. Karena usia 0 – 4 bulan, saya melihat diapers yang dipakai masih nyaman digunakan. Menginjak bulan kelima, kok muncul merah-merah di kulit elmo dan ada butiran kapas yang bertebaran di pantat Elmo. Padahal kami masih rutin mengganti diapers setiap 3 – 4 jam sekali. Mungkin faktor badan Elmo yang makin gede, atau kulit Elmo yang sensitive.  Continue reading “Review – Diapers yang (pernah) Dipakai Elmo”