Roti Harum, Primadona Legendaris Dari Klaten


Selain keripik HAPPY khas Ngawi, makanan favorit legendaris lain yang saya suka adalah Roti Harum dari Klaten. Bentuknya bulat dengan olesan cream di bagian tengah. Rasanya manis, tapi tidak terlalu manis. Sepintas mirip roti sisir, tapi tekstur roti nya di bagian luar lebih kasar, tidak berminyak, tapi lembut dibagian dalam nya.

Roti Harum sangat nikmat disajikan bersama kopi, susu, atau teh hangat. Kalau saya, biasanya makan roti Harum ini, dengan dicelup susu atau teh hangat. Nikmat! Anak saya yang berumur tiga tahun, suka sekali dengan roti Harum ini. Saya aman-aman aja memberikan roti Harum ini ke anak, karena memang tidak menggunakan bahan pengawet, pemanis, atau perasa buatan. Asli alami.

Roti ini tidak neko-neko. Tidak ada varian rasa apapun, hanya ada satu jenis roti ini saja. Kalau dilihat sepintas, memang tidak menarik. Kemasannya sederhana sekali dengan bungkus kertas roti. Tapi begitu sudah mencoba, nggak bisa berhenti makan roti ini. Sekali makan bisa tiga sampai lima roti baru puas karena ukurannya tidak terlalu besar, kira-kira segenggaman tangan balita lah.

Cerita dari papa, roti Harum sudah ada sejak jaman kemerdekaan Indonesia. Dari jaman papa kecil sampai sekarang, beliau sudah mengkonsumsi roti Harum ini. (Papa saya sekarang usianya 73 tahun). Sampai sekarang, rasanya tidak berubah, masih sama seperti dulu.

Nama Roti Harum sendiri diambil dari nama toko, yaitu Toko Harum. Jadi, secara spesifik roti ini tidak punya nama. Ya, Namanya Roti Harum. Sudah. Toko Harum sendiri merupakan toko kue pertama di Klaten.

Roti ini hanya ada satu di dunia, Nggak ada duanya. Nggak ada KW nya. Kalau mau makan roti ini, harus datang ke Klaten karena nggak ada reseller nya juga. Dan hanya satu toko yang jual, Toko Harum. Itu pun, kita harus pesan jauh-jauh hari. Kalau langsung datang ke toko, kalian nggak bakalan bisa menemukan roti Harum di deretan etalase nya.

Seplastik berisi sepuluh bungkus roti Harum bisa dinikmati dengan harga Rp.20.000 rupiah. Per roti nya berarti dua ribu rupiah saja. Tapi kalau beli, harus seplastik isi sepuluh itu ya. Tidak dijual eceran.

Mertua saya, kalau pesen bisa langsung sepuluh plastic. Untuk persediaan di rumah, karena papa selalu sarapan pakai roti Harum ini setiap  hari. Meskipun tidak pakai pengawet, roti ini juga tidak mudah basi atau berjamur. Kalau ditaruh di suhu ruangan bisa awet tiga minggu. Kalau disimpan di kulkas, wah bisa lama sekali. Pernah saya simpan roti harum di kulkas selama tiga bulan, roti ini masih enak & sehat dimakan.

Saya nulis ini, tidak diendorse siapapun ya. Saya berharap roti Harum khas Klaten ini bisa ikut dilestarikan. Tidak punah dimakan waktu, dan tidak tertindas dengan roti-roti kekinian. Serius, roti ini enak banget.

Buat kalian yang pengin nyobain roti ini bisa order by phone di 321742 atau datang langsung ke toko Harum di Jalan Pemuda Tengah No.50.

Lokasi toko harum berada di seberang plasa Klaten

Inget, roti ini tidak ready sepanjang waktu, harus pesan beberapa hari sebelumnya.

Selamat mencoba!

Terimakasih sudah membaca.... ^_^

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.