Pendaftaran MBA di Institut Teknologi Bandung (BLEMBA)


Menuju penghujung semester pertama, saya menjadi mahasiswa kembali. Yeay! Dengan tugas yang alhamdulillah – melimpah dan membuat hati bahagia. Ya, saya melanjutkan ke jenjang S2 dengan program Business Leadership Executive – MBA (BLEMBA) di SBM – ITB Jakarta. Informasi lengkap apa itu BLEMBA-ITB bisa diakses disini. Saya masuk ke dalam angkatan BLEMBA 26.

Lalu, bagaimana persiapan untuk kuliah MBA di SBM – ITB ini? Well, persiapan yang saya lakukan seperti mau daftar kuliah pada umumnya sih. Yaitu, melakukan pendaftaran dengan menyertakan persyaratan administrasi, lalu mengikuti beberapa tes seperti :

  1. Tes TPA
  2. Tes Toefl
  3. Tes interview

Soal-soal test TPA ada sekitar 250 soal, sementara soal test TOEFL ada sekitar 140 soal. Kedua test ini dilakukan dalam satu hari saat weekend! Pagi test TPA, lalu siangnya test Toefl. Susah? Nggak kok. Lebih cocok disebut bisa dikerjakan tapi waktunya yang sangat-sangat terbatas. Jadi, kalau mau persiapan banget menghadapi TPA ini, simulasi mengerjakan banyak soal dengan diberi batasan waktu. Soal-soalnya matematika dasar, dan logika. Bisa browsing di google atau cari buku soal-soal TPA di toko buku. Soalnya mirip-mirip itu.

Saya belajar nggak? Ya, saya belajar, tapi nggak sekeras dan serajin belajar seperti persiapan S1 dulu. Karena waktu saya terpecah untuk bekerja, dan mengurus suami – anak. Kondisi kalian ada yang sama seperti saya? Yuk mari. Saya belajar di waktu yang sangat terbatas, saat subuh selama dua jam setiap hari. Saya mulai belajar mengerjakan soal-soal dari H-2 bulan sebelum tes ini. Ditambah sempat sakit herpes selama dua minggu, jadi nggak full dua bulan juga belajarnya.

Tapi ini cara saya. Kalau kalian memang sudah merasa yakin bisa melalui tes ini, ya santai aja. Nggak usah belajar. Temen-temen kuliah saya, banyak kok yang nggak belajar tapi lolos aja tuh tes nya. haha. Yang pasti, makan dan minum yang cukup sebelum ujian karena dijamin laper. Dan, untuk peserta ujian ini – pihak kampus tidak menyediakan konsumsi ya!

Tes Interview

Tes interview dilakukan 2 minggu setelah dinyatakan lulus tes TPA & Toefl. Harusnya, jeda cuma seminggu dari tes TPA & TOEFL, tapi diundur oleh pihak ITB.

Situasi tes interview nya sendiri adalah tanya jawab dengan satu orang dosen. Saya bersama empat orang lain dikumpulkan dalam satu ruangan. Lalu diberikan artikel tentang situasi perusahaan di tahun 1940 an yang sedang bermasalah. Selanjutnya, kami diminta untuk memahami artikel tersebut dan menjelaskan solusi apa yang bisa diberikan. Dosen akan menanyakan satu per satu pendapat kami dan memberi catatan kecil.

Waktu nya kurang lebih dua jam. Tapi suasananya santai sekali. Profesor yang memberikan pertanyaan terkait artikel tersebut juga sangat cooperatif dan open minded. Saya juga seneng, karena bertemu dengan empat temen baru yang pinter dan asik.

Pengumuman & Bayar Membayar

Apakah semua yang daftar pasti diterima? Awalnya, saya pikir iya. Ternyata, engga. Proses seleksi tersebut menggunakan sistem gugur. Dari 300 an orang yang daftar, untuk angkatan saya yang diterima hanya 50 orang. Ditambah ada 10 an limpahan pendaftar dari semester sebelumnya yang masuk ke waiting list. Jadi, kalau kita masuk ke waiting list – artinya diterima tapi mulai kuliah di semester berikutnya.

Hasil diterima atau tidaknya, diumumkan kurang lebih satu – dua minggu setelah tes interview melalui email. Lalu dilanjutkan dengan menyelesaikan urusan keuangan. Membayar confirmation fee 10 juta dan iuran semester pertama. Urusan pembayaran ini wajib diselesaikan lebih dulu, sebelum benar-benar bisa kuliah disini.

Sidang Terbuka & Penerimaan Mahasiswa Baru MBA – SBM ITB

Kami diwajibkan mengikuti sidang terbuka Magister & Doctoral ITB di Bandung selama 1 hari. Acaranya cuma setengah harian sih, tapi karena ada effort Jakarta – Bandung, otomatis harus meluangkan satu hari penuh. Dalam sidang terbuka ini, kami dikumpulkan bersama semua mahasiswa baru pascasarjana & doctoral yang ada di ITB. Acaranya resmi protokoler, jadi harus rapi dan pakai jas almamater.

Seminggu setelahnya, ada acara penerimaan mahasiswa baru yang diselenggarakan oleh pihak SBM – ITB sendiri di Jakarta untuk mahasiswa MBA dari semua program. Acaranya diselenggarakan di Ancol pada hari Sabtu dari pagi sampai sore. Sifatnya wajib diikuti. Dan acaranya sendiri lebih ke pengenalan satu sama lain dan pemaparan program kuliah serta penilaian selama kuliah akan seperti apa. Oiya, di acara ini juga dibagikan materi mata kuliah pertama. Jadi, kita bisa belajar dulu sebelum kuliah dimulai.

Kalau diruntut, dari pendaftaran , mengikuti serangkaian tes, sampai bisa mulai belajar di kelas membutuhkan waktu 2 bulan. Tapi, saya nggak terlalu banyak ijin. Karena untuk tes TPA & Bahasa Inggris dilakukan saat weekend. Saya ijin hanya satu setengah hari kerja, yaitu saat tes interview (1/2 hari) dan mengikuti sidang terbuka di Bandung (1 hari).

Dan, semua komunikasi dari kampus pasti disampaikan melalui email. Mulai dari pendaftaran pertama sampai menjadi mahasiswa sekarang ini. So, sering-sering cek email buat kalian yang akan daftar disini ya.

2 thoughts on “Pendaftaran MBA di Institut Teknologi Bandung (BLEMBA)

Terimakasih sudah membaca.... ^_^

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.