Mengatasi Kecanduan Promo Online? Bisa, Ini Caranya!


Ya..ya..ya.. Walaupun usia sekarang sudah 30, saya tetap pernah muda, labil dan mengalami masa penggila promo. Kalau dulu, promonya lebih banyak offline alias sale langsung di toko atau mall. Kalau sekarang, promonya online. Lebih mudah karena hanya perlu smartphone, dan mbanking sudah bisa belanja sepuasnya. Apalagi pas ada promo.

Karena praktis & banyak diskon-nya, saya selalu update setiap kali ada promo. Bahkan, saya bisa dalam seminggu beli 3 – 4 kali barang-barang promo yang sebetulnya nggak terlalu dibutuhkan. Alasannya mumpung diskon! Bisa lebih hemat! Sebenernya sama aja sih, walaupun promo – ujung-ujungnya juga harus bayar pakai duit. Ya kan?
Hmm… lama-lama jadi kecanduan.

Tapi sejak Elmo lahir ke dunia, saya sudah tidak punya banyak waktu untuk mengikuti promo-promo yang ada. Saya belanja sesuai kebutuhan saja. Kalaupun sedang tidak promo, tapi kami lagi butuh – ya kami akan tetap beli. Kalau lagi nggak butuh, meskipun ada promo 99% tetep kami nggak akan beli. Jadi nggak ngefek ya, mau ada promo atau engga.

Promo Akan Selalu Ada

Kalaupun kita terlewat promo saat ini, jangan kuatir.. Nanti juga akan ada lagi promo lainnya. Coba dihitung, sekarang ada promo weekend, promo gajian, promo harbolnas, promo Ramadhan, promo lebaran, dan yakin seyakin-yakinnya, masih banyak promo-promo merajalela di alam online ini. Jadi, santai aja… PROMO AKAN SELALU ADA!

Sibuklah

Salah satu rekan kerja saya di kantor pernah bilang begini. “Orang yang sibuk kerja, beneran kerja ya…dia nggak akan punya banyak waktu untuk mengurusi promo-promo.”

Jadi, buat kamu yang pengin banget nggak tergoda sama promo-promo, maka buatlah dirimu sibuk dengan yang lain. Sibuk masak kek.. Sibuk main sama anak kek… Sibuk kerja kek.. Sibuk ngeblog kek.. Banyak hal yang lebih penting untuk dikerjakan daripada habisin waktu untuk berburu promo murah!

Simpan Kartu Kredit, & Batasi Budget Cash

Kartu kredit itu bisa jadi malapetaka untuk kalian yang mau menghilangkan kecanduan belanja online. Jadi, simpen aja deh kartu kreditnya. Simpen sejauh mungkin biar nggak terpakai. Usahakan beli nya pakai cash atau transfer aja. Tapi, batasi budgetnya. Misal, budget untuk belanja online tidak lebih dari 200ribu per bulan. Kalau sudah menyentuh angka itu, ya STOP.

Uninstall & Install Aplikasi

Mau lebih keras lagi? Uninstall aplikasi online shopping dari smartphone kalian di saat nggak butuh. Kalau butuh, baru diinstall lagi aplikasinya. Lumayan kan, bisa hemat space memory dari smartphone kita? Hehe.

Itu cara saya paling simple yang bisa diterapkan untuk menghentikan kecanduan belanja online. It works on me! Saya harap, ini berhasil juga untuk kalian.

Advertisements

Terimakasih sudah membaca.... ^_^

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.