Resep Nasi Goreng Kilat


Nasi goreng menjadi hidangan andalan saya jika ada banyak nasi berlebih di rumah. Karena ini satu-satunya cara yang saya bisa, untuk membuat suami mau makan nasi kemarin. Diem-diem bikinnya, tiba-tiba udah matang dan enak dilahap. Begitu selesai makan, baru dikasih tahu. “Eh itu, nasi kemarin loh.”.

Nasi goreng itu lebih enak, digoreng dalam kondisi dingin. Kalau nasi masih panas dari ricecooker, mending dimatikan dulu dan keluarkan ke wadah yang lebar. Supaya, suhu panasnya cepat turun.

Kalian bisa menemukan banyak resep nasi goreng dimanapun. Bahkan, tanpa lihat resep pun sebenarnya juga bisa banget dibikin. Bumbunya normal kok, minyak goreng, bawang-bawangan an, garam, gula, udah beres. Telur, bakso, sosis, atau yang lain-lain itu sebenarnya hanya topping atau lauk pendukung aja.

Berikut adalah resep nasi goreng ala saya. Dan saya ambil foto dari instagram saya sendiri, @diarymamemo . 🙂

Bahan :

  • 2 porsi Nasi
  • 3 siung bawang merah, geprek – iris kasar
  • 3 siung bawang putih, geprek – iris kasar
  • 1/2 siung bawang bombay
  • 3 buah cabe rawit, iris kasar
  • 1 butir telur ayam
  • 4 butir bakso , iris menjadi 8 bagian per bakso
  • 1 sdm saus inggris
  • 1 sdt saus tiram
  • 1/2 sdt garam
  • 1 sdt gula
  • 3 sdm minyak goreng

Cara membuat :

  1. Panaskan minyak goreng dalam wajan. Masukkan telur ayam, lalu tumis hingga hancur.
  2. Lalu masukkan bawang merah, bawang putih, bakso, dan cabe rawit. Tumis sampai aromanya tercium dan bakso mulai matang. Segera masukkan saus inggris, saus tiram, garam dan gula. Lalu tumis kembali.
  3. Masukkan bawang bombay & nasi. Aduk, hingga tercampur rata. Kurang lebih selama 5 menit.
  4. Sesuaikan rasa, jika menurut kalian kurang manis atau asin – bisa ditambahkan gula atau garam.
  5. Sajikan bersama taburan bawang goreng.

Jadi deh! Praktis dan cepat, nggak sampai 15 menit udah siap disantap. Kalau suka sayur, sebelum dimasukkan nasi bisa masukin sayur-sayuran. Biasanyakalau ada stok sayur di kulkas entah itu sawi, kol, atau tauge ,saya suka tambahkan ke dalam nasi goreng ini.

Dan, rahasia nasi goreng khas ala saya ini ada di saus inggris nya. Bikin sedap, dan pengen nambah terus.. hihi.

Selamat mencoba ya!

Advertisements

2 thoughts on “Resep Nasi Goreng Kilat

Terimakasih sudah membaca.... ^_^

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.