Menyiapkan Buka Puasa, Untuk Ibu yang Sibuk Bekerja


Selama bulan Ramadhan ini, jam kantor tempat saya bekerja mengalami perubahan menjadi 08.00 – 16.30 wib. Biasanya, kami masuk dari jam 08.30 – 17.30 wib. Teorinya, saya bisa memiliki banyak waktu di sore hari untuk menyiapkan buka puasa di rumah. Teorinya… well

Rewinnita & Edy selesai meeting di ujung barat ibukota

Faktanya, yang juga sudah saya duga sejak lama. Saya harus berusaha keras untuk bisa pulang jam 16.30 dari kantor. Menata waktu di kantor, agar pekerjaan bisa selesai sebelumnya. Plus, macet dimana-mana tentu sulit untuk dielakkan. Karena saya tahu pulang ke rumah tepat waktu menjadi hal yang langka, beberapa waktu kemarin saya sudah menyiapkan diri untuk menyambut bulan puasa ini. Agar, saya bisa berbuka puasa di rumah bersama-sama.

Lalu, bagaimana cara menyiapkan buka puasa untuk ibu yang sibuk bekerja? Saya bisa share beberapa cara, seperti yang biasa saya lakukan.

Belanja kebutuhan puasa, 2 – 4 minggu sebelumnya. Saya lebih memilih untuk menghindari swalayan atau pasar yang penuh sesak, apalagi kalau sudah deket-deket bulan puasa. Bahan makanan yang bisa dibeli jauh-jauh hari sebelumnya adalah ayam, daging, cabe, bawang-bawangan, bumbu dapur, sirup, minyak goreng, mie instant, frozen food, dan telor. Dan, senjata saya adalah menyimpan rapat-rapat bahan-bahan tersebut dalam kulkas dan freezer. Kalau daging/ayam & frozen food, simpan nya di dalam freezer ya. Selain itu, bisa didalam kulkas bawah.

Nugget penyelamat ibu-ibu masa kini haha

Memasak makanan yang tahan lama, 2 hari sebelum nya. Ya, weekend kemarin saya sempatkan untuk membuat lauk-lauk ungkepan. Bisa ayam ungkep, atau daging ungkep. Lalu, ungkepan itu saya simpan di dalam freezer. Ungkepan lauk ini bisa disimpan dalam jangka waktu lama loh, awet untuk satu – dua bulan. Praktis, kalau mau makan – tinggal digoreng sebentar. Hemat waktu kan!

Ungkep daging empal ini, sengaja dibungkus kecil-kecil pas untuk sekali makan 2 porsi

Komunikasi dengan abang tukang sayur atau manfaatkan jasa sayur online. Kalau sayur mayur jelas nggak tahan lama biarpun disimpan dalam kulkas. Sebaiknya beli rutin harian di tukang sayur. Tapi bagaimana kalau, kita harus berangkat kerja sebelum tukang sayur tiba? Yelaa… SMS / what’s app bae lah. Tinggalin duit di rumah, biar orang rumah bisa bayarin begitu pesanan kita diantar. Kalau nggak kenal sama tukang sayur, sekarang banyak jasa jual sayur online loh. Tinggal pesan, bayar, lalu siap diantar sampai ke rumah.

Buat jadwal menu berbuka setiap hari. Kalau saya ya… sudah ada catatan jadwal dalam seminggu ini mau berbuka puasa pakai apa. Saya catat dalam note di smartphone. Jadi, nggak bingung lagi mau makan apa. Contoh catatan saya sebagai berikut :

  • 6 May :
    • Sahur : Nasi, Sayur sop & Ayam goreng
    • Buka : Ayam goreng madura (beli)
  • 7 May :
    • Sahur : Nasi, sisa sayur sop kemarin ditambah mie rebus, & Nugget goreng
    • Buka : Nasi, Tumis sawi, tempe goreng, & empal goreng
  • 8 May :
    • Sahur : Nasi, Pecel, sayur, & telor ceplok
    • Buka : Ayam penyet & lalapan
  • 9 May :
    • Sahur : Nasi, mie rebus, & telor dadar kornet
    • Buka puasa : Nasi, & sarden pedas

Kurang lebih seperti itu contoh catatan saya. Menu nya pun juga saya buat yang simple aja, karena keterbatasan waktu kan? Yang pasti jangan sampai terlewat ya Bu Ibu.. Moment Ramadhan seperti ini cuma datang setahun sekali, jadi sempatkan untuk menyiapkan makanan berbuka walau sederhana saja. Selamat menjalankan ibadah puasa!

NB : Tulisan ini saya ikut sertakan dalam challenge 30 day blog post  dari Blogger Perempuan Network . Semoga bisa rutin menulis selama bulan Ramadhan ini! Yeay!

Advertisements

2 thoughts on “Menyiapkan Buka Puasa, Untuk Ibu yang Sibuk Bekerja

Terimakasih sudah membaca.... ^_^

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.