3 Days – StayCation di Grand Tjokro Bandung


Bermula dari berhasilnya memperpanjang SIM di Jakarta, kami akhirnya memutuskan tidak jadi pulang ke Surabaya. Karena tidak jadi pulang ke Surabaya, berarti budget yang sudah kami siapkan bisa dipakai untuk yang lain. Pikir punya pikir, ada temen baik saya yang mau nikah di Bandung nih. Sepertinya budget holiday bisa dipakai untuk liburan tipis-tipis di Bandung sekaligus menghadiri acara pernikahan temen saya.

Staycation sebenarnya bukan istilah pas untuk karakter saya dan suami yang suka berpetualang kesana kemari. Karena ada balita yang sedang sangat amat sangat aktif, akhirnya kami memilih untuk menghabiskan waktu di satu tempat saja. StayCation atau Holistay istilah keren-nya. Kalau mau staycation, berarti cari hotelnya yang sudah menawarkan fasilitas lengkap untuk menghabiskan waktu. Ya begitu.

Gambar diambil dari booking.com

Setelah browsing, dan tanya pendapat ke beberapa teman yang kerja dan pernah kuliah di Bandung muncul beberapa pilihan. Hotel Janevalla Bandung, Yellow Hotel, Hotel Aston, dan Hotel Grand Tjokro Bandung. Dari pilihan-pilihan ini, kami memutuskan untuk staycation di Hotel Grand Tjokro Bandung saja. Kenapa? Karena saya cek ada banyak review yang menyebutkan fasilitas bermain untuk anak-anak lumayan lengkap. Dan budgetnya pun masuk akal. Kalau booking jauh-jauh hari bisa dapat harga mulai dari 600ribu an per kamar. Saya sendiri memilih kamar Premier Suite di harga 800 ribu an per malam, karena ukuran kamar lebih luas dan ada bathup nya. Biar anak saya bisa lega lari-larian di dalam kamar dan bisa main air di bathup sepuasnya. And, It works!

Keberangkatan dari Jakarta adalah hari Jumat (hari kerja) sekitar jam 9.30 pagi, dan kami tiba di Hotel Grand Tjokro jam 2 siang. Sempat berhenti 1,5 jam untuk makan siang sebelumnya. Kalau dihitung perjalanan dari Jakarta ke Bandung sekitar 3 jam.

Setibanya sampai di Hotel Grand Tjokro, sambil proses check in – saya diberi minuman air asam jawa. Mungkin karena saya lagi nggak pengen yang asem-asem, jadi berasa aneh di mulut. Proses checkin sekitar 15 menit, tidak lama kemudian kami langsung diantar menuju kamar. Dan, well….kamar persis seperti yang ada di dalam foto review dan 90% sesuai ekspetasi. Yang 10% kenapa? Well…handuk di kamar mandi nggak wangi, dan aromanya seperti rumah bukan di hotel.

Ini dia yang saya cari-cari, kebun binatang mini di dalam hotel!

Karena bocah lagi ON banget, kami langsung ke lantai 10 untuk bermain di outdoor playground. Anak saya happy banget bermain perosotan dan main pasir. Plus, yang saya suka playground ini cukup bertanggung jawab. Karena disediakan keran air dan shower yang bisa dipakai untuk membersihkan badan anak selesai bermain pasir. Keep applause!

Tempat untuk bermain pasir ini ada di lantai 10

Lalu saat sarapan, kami dimanjakan dengan varian menu yang lengkap dari menu Indonesia, timur tengah, Japanese, sampai menu western. Jajanan khas Sunda, dan es krim jadul pun ada disini. Palugada banget.
Oya, disediakan spot yang berisi kue, permen, coklat khusus untuk anak-anak. Bahkan anak-anak bisa mendekorasi kue donat kesukaan dengan selai yang sudah disiapkan disana. Ini sudah termasuk fasilitas.

Sayangnya, mungkin karena jenis makanannya banyak – citarasa masakan nya kurang begitu nendang di lidah saya. Kurang sedep gitu. Tapi bukan masalah besar untuk saya, toh apapun variannya inceran saya tetep… Omelet khas Hotel. hehe.

Spiderman GrandTjokroBandung
Ada spiderman saat sarapan!

Indoor playground letaknya dekat dengan restaurant. Sehingga, ketika sarapan pagi tiba – orang tua bisa sarapan dengan lebih tenang sambil mengawasi anak-anaknya bermain di playground. Ketika anak-anak bermain di playground, bisa sambil disuapin juga kan? Anak senang, ortu nyaman.

Selesai menghadiri acara pernikahan temen saya, kami kembali ke hotel dan berenang! Kolam renangnya tidak terlalu luas, tapi cukup untuk mendinginkan hati. Kami berenang di siang bolong, lumayan untuk mengaburkan dinginnya air kolam. Disediakan juga pelampung untuk anak-anak yang bisa disewa seharga 20ribu rupiah.

Elmo suka banget, karena bisa main tepung dan kotor-kotoran lol

Banyak kegiatan yang disediakan untuk mengisi waktu anak-anak biar tidak bosan. Dengan membeli voucher seharga 100ribu, anak bisa mengikuti kelas cooking pizza, memberi makan binatang di mini zoo sampai nonton bioskop sambil makan pop corn. Tapi ya gitu, bayar 100ribu. Saya pikir sudah termasuk fasilitas… 😦

Saya ditawari tiket ini oleh petugas hotel saat sedang sarapan 🙂

Rincian budget yang kami keluarkan untuk liburan bertiga ini adalah sebagai berikut :

  1. Hotel 2 malam: IDR.1.900.000,-
  2. Bensin : IDR.250.000,-
  3. Toll : IDR.250.000,-
  4. Makan siang & malam : IDR.300.000,-

Ya totalnya sekitar 2,7 juta atau bisa dibulatkan jadi 3 juta untuk perjalanan kami bertiga selama 3 hari 2 malam di Bandung. Mahal? Murah? Ya, dicukup-cukupin dengan budgetnya aja.

Kalau Anda ingin berlibur ke Bandung bersama keluarga dan membawa anak-anak umur 2 – 12 tahun, Hotel Grand Tjokro ini adalah pilihan yang pas. Tapi, kalau Anda hanya berdua dengan pasangan atau liburan sendirian, please cari hotel lain aja. Karena hotel ini bener-bener ramai di weekend, ditambah banyak anak kecil, orang tua (kakek nenek paman bibi), dan membuat kesyahduan menginap berkurang.

Jadi saya akan rangkum, plus minus menginap di hotel Grand Tjokro Bandung.

Plus :

  1. Fasilitas lengkap. Ada kolam renang anak-anak, ada kebun binatang mini, taman pasir, bilyard, Playstation, outdoor playground, indoor playground, sampai dengan bioskop mini.
  2. Pilihan makanan banyak, dari A sampai Z ada semua.
  3. Suasana hotelnya cukup bersih & nyaman untuk beristirahat

Minus :

  1. Ramai. Tentunya kurang cocok buat kalian yang mau honeymoon, karena tempat ini kurang syahdu.
  2. Bertempat di lokasi yang macet. Well, kalau mau kemana-mana cari waktu yang pas supaya tidak terjebak kemacetan. Tengok-tengok dulu lah ke luar jendela untuk lihat kondisi. lol
  3. Aroma ruangan agak apek & Handuknya tidak wangi. Masalah teknis minor yang bisa saja terjadi di semua hotel. well.

2 thoughts on “3 Days – StayCation di Grand Tjokro Bandung

Terimakasih sudah membaca.... ^_^

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.