Gali Potensi Anak sejak Dini Melalui AJT CogTest


Ibuu.. Kipas. Kipas Angin. Emo suka kipas angin.

Mengetahui potensi anak sejak dini, adalah keharusan bagi orang tua. Begitu juga dengan saya. Well, mungkin saya sibuk bekerja di luar rumah. Tapi bukan berarti perhatian saya terhadap tumbuh kembang dan mengetahui potensi anak di rumah, menjadi gugur dong ya. Sebagai seorang ibu, saya sangat peka dan kritis terhadap kemampuan anak saya sekecil apapun.

Salah satu cara yang saya lakukan untuk mengetahui potensi anak adalah dengan melihat kebiasaan dan kesukaannya. Anak saya itu suka sekali dengan kipas, spinner, kincir angin, kincir air, roda, dan segala hal yang bisa berputar. Lalu, saya dan suami coba membelikan barang-barang di atas (versi murah meriah nya lho ya). Tidak hanya untuk dimainkan, tapi juga untuk dibongkar. Well, kami tidak berharap barang tersebut akan kembali ke bentuk semula sih. Tapi setidaknya, dia tahu bagaimana sebuah kipas angin itu terbentuk dan komponen penyusun nya apa saja.

Sekarang, ada juga orang tua yang mulai mengajak anak untuk mengikuti tes IQ atau tes kecerdasan agar potensinya bisa dideteksi lebih dini. Terutama untuk anak usia 5 – 18 tahun. Saya sih belum sampai kesana ya, karena anak saya baru berumur dua tahun. Tapi untuk persiapan nanti, saya merasa sah-sah saja untuk mencari informasinya dari sekarang. Ya kan? Ya kan?

Dari sumber berbagai komunitas, saya mendapat informasi tentang tes kecerdasan terbaru, AJT CogTest dari PT. Melintas Cakrawala Indonesia. AJT CogTest adalah tes kognitif yang sudah dinormakan untuk anak Indonesia atau terstandarisasi sesuai dengan karakteristik Bahasa serta budaya Indonesia. Hasil AJT CogTest akan membantu orang tua dan guru lebih memahami kemampuan berpikir anak dalam pembelajaran di sekolah.

Kebanyakan alat tes IQ yang banyak dipakai di Indonesia disadur dari luar negeri sehingga belum sesuai norma yang ada di Indonesia. AJT CogTest hadir sebagai alat tes kognitif yang dirancang oleh psikolog dan ahli psikometri Indonesia maupun internasional untuk anak Indonesia.

Ternyata, tes IQ jaman saya dulu dan tes IQ jaman now sudah berbeda ya. Saya masih ingat, test IQ jaman SD ada di angka xxx (sensor). Beberapa kawan saya ada yang malu, karena merasa angka IQ nya rendah.

AJT CogTest sendiri dikembangkan berdasarkan teori kecerdasan termutakhir, yaitu teori Cattell – Horn – Carroll (CHC Theory). Tidak seperti alat tes IQ kebanyakan, AJT CogTest memberikan hasil yang komprehensif dari 8 aspek kecerdasan anak, dapat digunakan untuk mengidentifikasi dan mengklarifikasi kekuatan dan kelemahan kognitif siswa secara lengkap dan jelas. Bukan berdasarkan rating angka saja.

Chief Executive Officer PT MCI, Ari Kunwidodo mengatakan, “Anak-anak memiliki keterampilan, minat, dan kekuatan serta kebutuhan belajar yang berbeda. Hasil laporan AJT CogTest yang pasti dan mudah dipahami, memungkinkan orang tua dan guru untuk mengarahkan anak dengan informasi yang komprehensif tentang kemampuan kognitif setiap anak, serta membantu memahami pembelajaran anak mereka.”

Jenis paket Tes Kognitif AJT ada 2:

  1. AJT CogTest Full Scale. Mengidentifikasi 8 kemampuan kognitif lengkap yang menampilkan profil lengkap kekuatan dan kebutuhan belajar anak.
  2. AJT CogTest Comprehensive. Diperuntukkan ketika seorang anak memerlukan data lebih terperinci untuk dianalisis, psikolog akan merekomendasikan tambahan tes.

Biaya untuk mengikuti AJT CogTest :

  • AJT CogTest Full Scale  : Rp.760.000,-
  • AJT CogTest Comprehensive : Rp.1.200.000,-

Hasil AJT CogTest akan dikirimkan berupa softcopy melalui surat elektronik (email) dalam waktu 7 sampai dengan 14 hari kerja setelah tes dilakukan.

Sepertinya, kalau sudah cukup umur – saya akan mengikutsertakan anak
#TesKognitifAJT ini. Menurut saya, harga ini sebanding dengan hasil yang akan didapat. #YukKenaliAnakKita & kembangkan potensi anak sejak dini dengan AJT CogTest, ketahui profil pembelajaran unik anak kita untuk memahami bagaimana mereka dapat belajar lebih baik dan efektif.

Untuk informasi lebih lengkap, bisa kunjungi melintascakrawala.id, atau bisa follow instagramnya di @melintascakrawalaid dan chat langsung melalui WhatsApp CS di nomor 087883258354.

Advertisements

15 thoughts on “Gali Potensi Anak sejak Dini Melalui AJT CogTest

  1. Dulu apa2 ptokannya tes IQ yaa padahal blm tentu hasilnya bs mengarahkan anak. Jadi pengen ikutan tes ini deh mba

    Like

  2. Salam kenal ya 🙂 ini kunjungan pertamaku di blognya Mbak Rewinnita.com.

    Senang lho mengamati kebiasaan anak dan tahu apa yg diminati anak. Jadi sebagai orangtua tinggal mengarahkan
    minatnya kemana. Apalagi ada AJTCogTest juga, insya Allah bikin orangtua makin kenal dengan kemampuan anaknya.

    Like

  3. Wah jadi bisa pas dgn kita yg di Indonesia ya mba.
    Tesnya menarik ^^ memang anak2 harus diamati ya apa aja yg jadi kesukaannya.. jadi dia suka yg berputar2 ya. Suka naik bianglala yaaa berarti

    Like

  4. Aku setuju bgt, sebagai orang tua kita wajib tahu kelemahan dan kelebihan anak, untuk mendukung potensinya dan masa depannya, dan tes AJT CogTest ini merupakan solusi juga buat anakku agar aku tahu cara belajar yg tepat untuk anakku itu yang mana

    Like

Terimakasih sudah membaca.... ^_^

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.