Iya Boleh, Nak…


“Ketika orang tua melarang anak untuk bereksplorasi, saat itu juga tumbuh kembang anak akan terhambat.” ujar Dra. Ratih Ibrahim, Psikolog Klinis di acara Gerakan 1 juta Iya Boleh dari Dancow beberapa waktu lalu. Sebagai psikolog dengan berbekal pengalaman sebagai ibu dari dua putra yang kini sudah beranjak dewasa, Ibu Ratih menuturkan bahwa eksplorasi adalah bagian dari stimulasi untuk mendukung tumbuh kembang anak yang akan membuat anak belajar lebih banyak, kemampuan motorik meningkat, dan anak lebih percaya diri.

Pada acara yang bertempat di Hotel Ayana, MidPlaza Jakarta Selatan, Dancow Advance Excelnutri + meluncurkan gerakan ‘1 juta iya boleh’ dalam rangka mempersiapkan 5 karakter anak unggul Indonesia. Untuk menjadi anak unggul Indonesia yang sehat,cerdas, dan berkarakter, DANCOW Advanced Excelnutri+ percaya ada lima karakter penting yang perlu dikembangkan oleh orang tua kepada si kecil sejak usia dini, yaitu :

1.       BERANI
Eksplorasi merupakan salah satu cara untuk anak berinteraksi dengan lingkungan, sehingga keberanian dan rasa percaya dirinya dapat berkembang dengan baik. Rasa percaya diri yang sehat merupakan salah satu dasar dalam mengembangkan berbagai poteni lainnya seperti problem solving, membuat keputusan, dan ketrampilan social.
2.       CERDAS
Melalui eksplorasi yang tepat sesuai dengan tahap perkembangannya, aspek kognitif anak dapat terstimulasi melalui berbagai kegiatan dalam proses eksplorasinya.
3.       KREATIF
Ketika terpapar pada berbagai stimulus dan situasi melalui kegiatan eksplorasi, imajinasi dan kreativitas si kecil dapat berkembang dengan baik.
4.       PEDULI
Melalui aktivitas bermain bersama teman, anak akan belajar berinteraksi, berbagi, dan mengenal serta memahami perasaan orang lain, menunggu giliran, dan meningkatkan toleransi.
5.       PEMIMPIN
Untuk mengembangkan jiwa kepemimpinan, penting untuk si kecil memiliki sikap disiplin dan kemandirian yang baik. Eksplorasi mengasah kemampuan si kecil untuk mengambil control akan berbagai hal sekitarnya.

Tapi jangan disangka, membolehkan ini dan itu kepada anak adalah sesuatu yang mudah. Karena ada resikonya. Beberapa kali Elmo benjol dan berdarah karena jatuh. Tiba-tiba diare karena cuci tangan yang kurang bersih setelah main tanah. Pernah juga masuk angin setelah hujan-hujanan. Ingat, jatuh dan sakit adalah bagian dari proses pembelajaran. 🙂

“Ketika anak bereksplorasi, masih banyak tantangan penyakit yang mungkin bisa menggangu. Sebanyak ,41,9% anak Indonesia masih sering terkena infeksi saluran pernafasan dan 12,2% anak Indonesia masih sering terkena diare.”, ujar Dr. dr.Ray W. Basrowi, Mkk . Untuk itu, sebagai orang tua perlu memberikan perlindungan yang tepat kepada anak agar proses tumbuh kembang anak berjalan dengan baik dan bisa mendukung proses belajar anak di usia emasnya sekarang.

Selain itu, menurut Prof. Dr.dr. Saptawati Bardosono, M.Sc, pakar nutrisi dan Alvin Wiradarma, Brand Manager Dancow Advanved Exelnutri+, anak juga membutuhkan nutrisi yang baik agar tumbuh kembangnya semakin optimal. Gizi perlindungan untuk mengeksplorasi anak bisa diperoleh dari bakteri baik seperti lactobacillus rhamnosus yang telah teruji klinis dapat membantu menurunkan risiko infeksi saluran pencernaan, infeksi saluran cerna, dan meningkatkan daya tahan tubuh.

Lalu bagaimana memelihara atau mempertahankan bakteri baik ini? Tentunya dengan memberikan si kecil tambahan nutrisi berupa susu yang mengandung lactobacillus rhamnosus dan inulin, seperti dalam kandungan susu Dancow Advance Excelnutri +.

Inget Moms, modal tumbuh kembang anak itu ada 3, yaitu Nutrisi , Stimulasi, dan Cinta Orang tua. Cinta orang tua, perhatian orang tua, dan kasih sayang orang tua yang dirasakan langsung oleh anak, akan membuat anak akan selalu dekat dengan kita.

Melalui gerakan 1 juta “iya boleh” DANCOW Advanced Excelnutri+ ingin mengajak banyak orang tua di seluruh Indonesia untuk percaya diri berkata “iya boleh” demi mendukung tumbuh kembang optimal anak dan menjadikan mereka anak unggul Indonesia.

 

Mau jadi bagian dari Gerakan 1 juta #IyaBoleh ? Langsung aja ke www.iyaboleh.com 

Advertisements

14 thoughts on “Iya Boleh, Nak…

  1. Sungguh Inspiratif, saya ingat sekali dimana saya bisa mengeksplor semuanya, mengeksplor jenis permainan apa yang asik dimainkan ramai-ramai. Apalagi saya ingat sekali berenang di kali untuk mencari ikan, yah walaupun nggak dapet hehehehe. namun sungguh miris ketika melihat adik saya sendiri sudah tidak begini lagi, jika ingin keluar bersama teman-temannya pasti dilarang sama orang tua saya sendiri. Saya tidak iri, hanya kasihan saja, akhirnya dia tetap terkurung di rumah dan hanya bermain gawai saja, dan jika bertemu dengan temannya juga, pasti berkumpul hanya untuk bermain game di gawai mereka saja.

    Ayo lah, saya juga ingin menghimbau kepada orang tua, agar jangan mengekang anak-anak untuk menjelajahi dunia luar, energi di usia aktif mereka ini harus dikeluarkan agar dapat lebih mengerti dunia luar, dan tidak hanya di dalam rumah saja.

    Tulisan ini sangat menginspirasi saya, dan membuat saya percaya, bahwa ada orang tua yang sangat supportif untuk membuat anak-anaknya dapat merasakan alam yang indah ini yang dapat menjadi pengetahuan baru mereka, yang tidak dapat ditemukan dalam pelajaran di sekolah-sekolah

    Like

Terimakasih sudah membaca.... ^_^

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s