Sekedar Menulis di Akhir Pekan


Mungkin ada di antara kalian yang mengalami apa yang saya rasakan saat ini. Tentang, kehilangan jati diri. Terus terang, beberapa waktu ini, saya merenung tentang siapa diri saya dan akan menjadi apa saya nanti. Saya berkarir, bersuami, dan sekarang status bertambah sebagai seorang ibu. Apakah saya bisa menyeimbangkan pilihan-pilihan ini seperti dulu?

Seperti ketika memutuskan untuk kuliah sambil berorganisasi, menekuni hobi, bekerja, dan mengikuti kegiatan-kegiatan sosial. Dalam satu waktu saya bisa melakukan banyak hal, dan semua berjalan dengan baik. Dulu, saya bertanggung jawab untuk diri saya sendiri.

Lalu saya menyadari bahwa, pilihan yang saya ambil saat ini jelas sangat berbeda situasi dan pertanggung jawabannya dengan yang dulu.

Dalam karir, semakin kesini saya bertanggung jawab dengan banyak orang. Saya tidak hanya mendengarkan perintah, tapi juga harus mengambil keputusan, memberikan saran, menjalankan ide dan mendelegasikan beberapa pekerjaan kepada tim. Saya bukan lagi fresh graduate yang hanya bekerja sesuai perintah atasan.

Begitu juga ketika saya memutuskan untuk menikah. Ketika memiliki suami tentu pilihan-pilihan yang saya ambil tidak bisa berdasarkan atas pikiran saya sendiri. Ada suami, yang harus saya ajak berdiskusi, dan tentunya pendapatnya harus saya patuhi.

Dan, sekarang ditambah dengan status menjadi ibu. Memiliki anak kecil yang lengket sama ibunya, tentu menjadi suatu kebanggaan tersendiri buat saya. Saya kerja lho, jarang di rumah, tapi anak kecil ini nggak mau lepas dari saya ketika saya di rumah. Di sisi lain, saya merasa tidak punya memiliki banyak waktu untuk bersantai dengan diri sendiri ketika berada di luar kantor.

Waktu.

Waktu menjadi alasan saya tidak bisa menekuni apa yang saya sukai saat ini. Dalam sehari lebih dari sepuluh jam saya ada di luar rumah, sisanya saya habiskan dengan suami dan anak di rumah. Saya kehabisan waktu! Ini sempat saya alami dulu, di awal-awal beradaptasi dengan banyak kegiatan di kampus. Dua puluh empat jam dalam sehari itu kurang! Saya berharap, dalam satu hari ada 30 jam. Sehingga, saya bisa menggunakan 2 jam untuk diri sendiri, dan 4 jam untuk tidur lebih lama.

Dan sekarang terulang kembali. 😀

Kalau saya pikir-pikir lagi, saat ini saya bisa mengambil 30 menit sampai 1 jam untuk diri saya sendiri setiap hari. Dan, tentu saja itu sudah saya lakukan. Untuk…. Meregangkan tubuh, Menonton youtube, memantau pergerakan saham, dan browsing Instagram. He he.

Menjadikan itu sebagai alasan untuk tidak produktif dan tidak membahagiakan diri sendiri, rasanya agak kurang adil buat saya. Saya berpikir, dan mencari apa yang bisa saya lakukan untuk membuat saya produktif kembali tanpa mengabaikan kepentingan yang lain. Dan, tentunya tanpa menghabiskan banyak uang.

Ternyata masih bisa.

Buktinya hari ini. Saya masih bisa menyelesaikan pekerjaan saya sendiri, sambil memasak ayam goreng, menghangatkan sup dan menemani anak kecil bermain. Saya bisa merawat tanaman-tanaman (yang belum seberapa) sambil main air dengan anak di depan rumah. Dan, saat anak kecil lagi tidur, saya masih bisa menulis sambil menggoreng tempe dan menemani suami makan siang. Ha ha.

Lalu kembali lagi, siapa saya dan akan menjadi apa saya nanti?

Saat ini saya tetaplah seorang Rewinnita. Kalau diingat, dulu saya tidak pernah membayangkan bisa berada di titik seperti sekarang. Lalu, kenapa saya harus pusing memikirkan akan menjadi apa nanti? Kembali lagi, itu semua terserah Allah. Yang pasti apa yang bisa dilakukan sekarang, akan saya lakukan sebaik mungkin.

Dan ya.. kalau hanya sekedar menulis di akhir pekan, masih bisa lah….

signature

 

Advertisements

Terimakasih sudah membaca.... ^_^

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s