Helikopter View


Obrolan beberapa minggu lalu dengan salah satu senior di kantor. Namanya Pak Aryanu. Seru mendengarkan pak Aryanu bercerita, karena alur dan intonasi-nya menyenangkan untuk disimak. Bagian cerita yang saya suka adalah, bagaimana melihat suatu kondisi perusahaan melalui Helikopter View. :))

Helicopter view, adalah cara kita melihat suatu hal dari semua sisi. Layaknya, kita melihat dari atas helikopter. Metode ini layaknya kita naik helikopter, dan melihat ke bumi dari atas. Saat kita menaiki helikopter, pasti akan tampak jelas bagaimana kondisi daratan di bawah helikopter kan? Utuh, menyeluruh.

Konsep “Helikopter View” ini mengajak kita melihat suatu masalah secara sistemik. Karena masalah di satu sisi, bisa jadi berhubungan dengan sisi lainnya, yang baru bisa diketahui kalau kita melihat secara keseluruhan atau secara general.

large

Dalam membangun suatu bisnis pun juga begitu. Ketika ada produk yang tidak laku, bukan berarti produk itu jelek. Mungkin masalahnya ada di bagian marketing yang jelek, atau segment pasar yang dituju salah. Mungkin juga karena produk kompetitor memberikan promosi yang lebih baik, dan seterusnya.

Kita bisa mencoba meninggikan sedikit posisi dan melihat masalah dari sudut pandang yang lebih tinggi, luas dan beragam.  Dengan helicopter view ini kita juga bisa tahu langkah apa yang harus diambil untuk menyelesaikan masalah atau membuat perencanaan tertentu.

“Ada lagi yang namanya -Eagle View-, Nit…”, lanjut pak Aryanu. Pandangan ini memposisikan kita seolah-seolah seperti elang. Terbang tinggi sambil mencari mangsa yang bergerak di permukaan. Karena elang bisa terbang tinggi, membuat ia dapat melihat dalam sisi yang lebih luas, sekaligus tajam hingga dapat menemukan mangsa kecil yang bergerak-gerak di bawah.

Dengan eagle view, selain dapat melihat secara general, kita juga harus dapat melihat secara mendetail. Hal ini dapat memberikan pemikiran yang lebih tajam di setiap bidang sehingga kita dapat memperoleh solusi yang jauh lebih baik.

eagle view

Cara pandang ini adalah yang dipakai para CEO dalam menghadapi suatu kondisi di perusahaan. Kondisi perusahaan tidak selamanya stabil. Akan ada moment, dimana bisnis perusahaan ini “goyang” sehingga berdampak pada karyawan. Nah, saat moment itu terjadi, kita juga harus belajar melihat permasalahan suatu perusahaan yang sedang dihadapi layaknya para CEO ini. Jangan hanya terpaku pada cara pandang kita sendiri.

signature

 

 

Advertisements

One thought on “Helikopter View

Terimakasih sudah membaca.... ^_^

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s