Nikmatnya Pallu Basa Serigala


Antara soto daging, dan coto Makassar. Begitulah lidah saya mendeskripsikan rasa Pallu basa ini. Sepintas memang, Pallu basa mirip dengan Coto Makassar. Tapi irisan dagingnya seperti irisan daging ala soto yang pernah saya coba. Yang tidak bisa dibandingkan dengan coto Makassar dan soto daging, adalah taburan kelapa parut yang disangrai serta kuahnya yang kental menggigit, dan berasa sampai di perut.

cof

Dagingnya sih IYES, tapi telur nya NO (karena saya nggak suka telor mentah)

Saya bisa merasakan ketumbar, jinten, asam jawa, pala, dan gula merah di dalam kuah pallubasa ini. Aroma rempah-rempahnya begitu kuat, dan bikin makin lapar. Serius, kalau ada kesempatan ke Makassar lain waktu, saya pasti akan makan Pallu basa ini lagi. Nagih bos!

cof

Parutan Kelapa. Kacang Mente yang hampir selalu ada di semua tempat makan di Makassar

Pallu basa Serigala, bukan makanan yang dibuat dari daging serigala ya. Pallu basa ini murni dibuat dari daging sapi lokal. Sedangkan serigala, adalah nama jalan tempat rumah makan ini berdiri. Pallubasa paling terkenal di Makassar adalah yang berada di Jalan Serigala. Hampir semua warga setempat merekomendasikan olahan makanan di rumah makan ini.

sdr

Lokasi Pallu Basa ada di Jalan Serigala

Rumah Makan Pallu basa serigala, nggak pernah sepi pengunjung. Selalu ramai. Tapi, pasti dapat tempat duduk kok. Karena sekarang tempat makannya lebih besar daripada dulu (kata kawan asli Makassar). Dulu, konon katanya, orang-orang yang selesai makan harus langsung pergi untuk bergantian tempat duduk dengan mereka yang sudah ngantri mengular di belakang.

sdr

Lokasi yang lama ada di seberang tempat makan baru sekarang

Dan, tidak perlu menunggu lama karena pelayanannya ekstra cepat. Kurang dari 10 menit, pesanan saya, nasi, pallu basa daging + telor, dan segelas es teh manis sudah siap di meja.

cof

Si Mungil tapi Bikin Nagih

Porsi semangkuk pallu basa memang tampak kecil, tapi dagingnya melimpah. Dan, aduh, sampai tetes kuah terakhir sayang banget untuk dilewatkan. Harganya juga nggak mahal kok. Harganya 18ribu untuk semangkok pallu basa. Kalau tambah telur, tambah 3ribu lagi. Worth it banget, untuk makan pallu basa yang nggak cuma enak, tapi super duper enak ini.

cof

Nih Billing-nya

Kawan saya, sampai habis dua piring nasi dan dua mangkok Pallu Basa sekali santap. Geleng-geleng….

Memang, Makassar ini jagoan makanan enak. Saya bisa obesitas kalau tinggal di Makassar terlalu lama. Selain lezat, Pallu Basa juga memberi banyak manfaat bagi kesehatan, tapi saya nggak merekomendasikan untuk mereka yang memiliki tekanan darah tinggi ya. Oh iya, kalau suka pedes bisa pakai sambel. Sambelnya luar biasa pedes banget.

Gimana? Mau cobain juga? Langsung aja dateng ke Jl. Serigala No. 54, Makassar.

signature

 

Advertisements

Terimakasih sudah membaca.... ^_^

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s