Punya Anak, Apa Kabar Hobi?


Dari sebelum menikah, saya punya beberapa hobi. Salah satunya, koleksi komik-komik jadul. Komik-komik ini sudah pernah saya baca, waktu masih kecil. Saya pinjam dari tetangga. Wah, senangnya luar biasa. Rasanya ingin memiliki semua komik-komik ini. Karena waktu itu nggak mampu beli komik, jadi saya pendam aja dalam hati. Nanti, kalau sudah kerja, aku beli semua komik-komiknya!

Setelah punya uang sendiri, saya sisihkan budget untuk berburu komik di toko-toko buku bekas, karena komik lawas tidak dicetak ulang lagi. Saya sampul komik-komik itu kembali dengan rapi. Biar tampak baru dan bersih. Mungkin sekarang ada 200 an komik di rumah orang tua saya. Dan, itu belum termasuk komik yang ada di rumah suami. Dan, komik yang ada di Jakarta sekarang.

Buat saya, memiliki hobi itu penting. Hobi bisa menolong kita keluar dari rasa jenuh melakukan rutinitas sehari-hari. Jujur, hampir setahun, saya tidak menyentuh komik lagi. Alasannya, umum, karena bekerja sambil mengasuh anak itu sungguh menyita waktu. Daripada waktunya untuk baca komik, mending tidur deh.

Tapi lama-lama, saya jenuh. Saya harus melakukan sesuatu yang lain, untuk mengaburkan rasa jenuh dari rutinitas. Hobi. Ya, saya butuh hobi. Dua bulan yang lalu, saya beli komik-komik bekas lagi. Satu set, isi 20 an komik series. Sampai sekarang baru terbaca 4 buku. Itupun harus sembunyi-sembunyi, biar nggak ketahuan sama anak kecil ini. Kalau dia tahu, bisa dimakan dan disobek-sobek nih komiknya. Membaca komik jadi terasa kurang nikmat.

Saya pun mengalihkan hobi dengan melakukan kegiatan lain, seperti memasak. Kalau ada yang lihat instagram saya , pasti sering lihat saya suka posting hasil masak-masakan.  Saya bahkan membuat instagram baru khusus untuk mendokumentasikan hasil masakan-masakan saya. Menurut saya, hobi ini yang paling mungkin dilakukan saat punya anak. Saya bisa menyiapkan bahan-bahan masakan, sambil bermain dengan anak. Biasanya sih, pas saya lagi kupas-kupas sayur, Elmo suka ikut nimbrung. Walaupun ngrecokin, dan malah bikin berantakan, tapi nggak apa, sekalian biar dia mengenal sayur-sayuran.

preparing food

Kalau masakan sudah matang, kami makan bersama. Seru, karena memasak membuat saya tertantang untuk membuat makanan yang bisa dimakan kami bertiga. Tentunya, dengan anggaran yang sudah saya tentukan sendiri. Misal, sehari jatah belanja nggak lebih dari 30ribu. Kalau sisa, disimpan untuk tambahan belanja esok hari. Masak jadi sesuatu yang menyenangkan. Saya akan ceritakan nanti, kenapa saya bisa masak di postingan terpisah.

Nah, semacam itu.

Saya jadi merasa, bahwa punya anak bukan alasan untuk tidak melakukan apa yang kita suka lagi. Saya tetap punya hobi, meskipun harus dimodifikasi agar hobi ini bisa dilakukan sambil main bersama anak. Hobi yang lain, saya suka travelling. Saat ini saya tidak bisa leluasa melakukan travelling, karena ada anak kecil ini. Mungkin nanti ketika anak kecil ini sudah agak besar dan bisa mengingat setiap perjalanan masa kecilnya, akan saya lanjutkan hobi travelling ini bersamanya.

Memiliki hobi itu semacam memiliki eksistensi diri. Kita jadi punya spesialisasi di luar pekerjaan sehari-hari yang membuat hidup terasa lebih asyik. Tidak masalah, walaupun sudah berkeluarga dan memiliki anak, kita tetap bisa melakukan hobi. Asal, hobinya positif ya. Bukan hobi ngomongin orang, atau nusuk temen dari belakang. #Lhoh 

Saya suka dengan orang-orang yang memiliki hobi. Mereka jadi terlihat lebih lebih bergairah dalam menjalani hidup, dan lebih terlihat menarik. Hehe. Nah, kalau kamu? Apa hobimu?

signature

Advertisements

One thought on “Punya Anak, Apa Kabar Hobi?

Terimakasih sudah membaca.... ^_^

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s