TIPS Merawat Kulit Bayi Bersama #MustelaTodayForTomorrow


Satu hal yang salah kaprah dari mempersiapkan perlengkapan bayi adalah menempatkan produk perawatan kulit di prioritas terakhir. Saya salah banget waktu itu, karena terlalu menyepelekan. Produk perawatan kulit yang akan kita gunakan pada bayi harusnya ditempatkan di awal nih. Karena kulit bayi yang baru lahir itu belum berfungsi secara sempurna, sehingga membutuhkan perawatan yang tepat. Jangan dibandingkan dengan orang dewasa ya. Kulit bayi baru lahir, strukturnya masih lembut dan halus. Kulit juga lah yang melindungi organ-organ sensitif di dalam tubuh bayi.

Dulu, kehamilan usia 37 mingguan, saya baru kepikiran untuk menyiapkan produk perawatan kulit bayi. Itu baru kepikiran lho ya, belum beli. Saya inget betul, saat masuk ke toko perlengkapan bayi sempat dibikin sakit kepala sama produk-produk skin care bayi ini. Banyak banget macem-nya!

Mendadak menyesal, kenapa nggak dari dulu saya cari informasi tentang jenis produk perawatan kulit bayi ya? Paling nggak, ketika masuk ke toko perlengkapan bayi, saya sudah tahu mau beli apa.  Jujur, waktu itu, saya tahu nya cuma sabun bayi dan minyak telon doang. Yang lain, buta – asli. Nggak ngerti deh buat apa. Ini apa-an ya? Itu buat apa? Perlu nggak sih? Cocok nggak ya buat kulit bayiku nanti?Aduh, kalau udah beli trus nggak cocok, sayang juga ya nggak kepakai. Ya udah, nunggu kado aja deh!

Bingung. Akhirnya malah nggak jadi beli. Haha. Jangan ditiru ya! :p 

Nah, buat kalian calon orang tua baru, saya kasih tips produk perawatan kulit bayi apa saja yang sebaiknya disiapkan sejak dini.

1.       Sabun & Shampoo (two in one)

Kalau mandi pasti pakai sabun kan? Sebaiknya pilih yang two in one, sampo sekaligus bisa jadi sabun mandi juga. Praktis, bisa diusap ke sekujur badan bayi dan nggak pedih di mata. Dan pastikan, kandungannya mengandung hypoallergenic sehingga aman untuk bayi, terutama untuk bayi yang memiliki alergi dan kulit sensitive.

2.       Minyak Telon

Sebagian ada yang bilang, minyak telon ini nggak penting. Tapi buat saya, minyak telon ini penting banget karena bisa membuat bayi merasa hangat dan nyaman. Saya aja masih suka pakai minyak telon sehabis mandi lho. Hehe. Biasanya sehabis mandi, saya oles-oles ke perut, punggung, dan dada Elmo. Aroma nya enak, khas anak bayi banget sih. Sampai sekarang, saya masih rutin ngolesin minyak telon ini ke badan Elmo. Apalagi kalau Elmo lagi demam, saya suka ngolesin minyak telon ke telapak tangan dan kaki.

3.       Baby Diaper Cream

Ini nggak kalah penting, apalagi untuk baby yang sehari-hari nya pakai diapers pospak. Kadang, diapers tertentu bisa menimbulkan ruam pada kulit bayi. Jaga-jaga sebelum ruam datang, setiap ganti diapers, saya pasti olesin baby diaper cream terutama di area selangkangan dan pantat bayi.

4.       Baby facial cream

Awalnya saya pikir, baby diaper cream bisa dipakai juga untuk wajah. Tapi ternyata salah. Haha. Ada cream khusus untuk diolesin di wajah bayi, namanya baby facial cream. Saya baru beli ini ketika Elmo usia 3 bulan an karena saya pikir nggak perlu. Tapi setelah Elmo suka ngiler waktu bobo, dan suka minum susu juga, kadang suka muncul bercak-bercak putih di pipi dekat bibir. Rupanya itu adalah sisa dari iler dan susu yang menempel. Nah, baru deh berasa penting banget nih punya baby facial cream. Bercak-bercak itu bisa dihilangkan dengan baby facial cream ini. So, jangan lupa masukin baby facial cream ke dalam list belanjaan ya!

5.       Body Lotion

Paling nggak sehari sekali saya selalu kasih body lotion ke kulitnya Elmo. Apalagi saat masih bayi, saya rutin  kasih lotion dimana-mana agar kulitnya tetap lembut. Lumayan membantu menghilangkan biang keringat, karena kepanasan. Maklum waktu itu masih di Surabaya yang panasnya luar biasa.

6.       Balsem

Saya pernah cerita, kalau Elmo pernah napas grok-grok saat alerginya kambuh. Nah, balsem ini guna nya untuk membuat nafas lebih lega. Biasanya kalau grok-grok kambuh, saya olesi balsam ke area dada. Efeknya, grok-grok berangsur hilang, nafas lebih lega, Elmo lebih tenang, dan bobo lebih rileks.

7.       Massage Oil

Fungsinya untuk mijat bayi. Pasti tahu kan, kalau bayi itu suka dipijat. Nggak usah bayi, saya aja suka kok dipijet. Enak, bikin tidur nyenyak. Hehe. Sejak usia 2 bulan, Elmo udah mulai saya bawa ke salon perawatan bayi untuk pijat. Setelah tahu, cara pijatnya bagaimana, lalu saya praktekkan sendiri di rumah menggunakan massage oil ini. Paling nggak, seminggu sekali atau dua minggu sekali saya pijat sendiri. Apalagi Elmo, yang hobi-nya terjun bebas dari kasur. Pasti ada bagian badannya yang sakit, entah keseleo, atau apalah. Biasanya sih sembuh setelah dipijat.

Ingat mom, pada usia 0-2 tahun, lapisan pelindung kulit bayi belum berfungsi dengan baik sehingga perlu dilindungi dan diperkuat. Kelembaban kulit bayi berusia 0-2 tahun juga ternyata sangat rendah, sehingga kulit bayi yang rapuh dan kering ini perlu terus diperkuat dan dilembabkan sejak lahir.

Buat para orang tua yang lagi nunggu kelahiran anak-anaknya, memikirkan kualitas produk baby skin care bisa dimulai dari sekarang. Paling nggak dicicil mencari informasi kandungan dan fungsi masing-masing produk di setiap brand. Ada banyak lho, brand nya. Dan, semua menyebutkan brandnya nomor satu! Paling bagus! paling mahal! Paling oke!

Tapi apa iya, cocok sama kulit bayi kita? Mau beli yang mahal, tapi kalau nggak cocok, buat apa? 

Jangan pernah berpikir, semua kulit bayi itu sama. No. No. Beda mom. Setiap bayi memiliki keunikan kulit sendiri-sendiri, jadi jangan disama-sama in ya.  Nah, produk perawatan kulit bayi yang baik itu , ciri-cirinya sebagai berikut :

  1. Mengandung Hypoallergenic. Hypo allergenic berarti “meminimalisasi munculnya alergi”. Biasanya produk dengan label Hypoallergenic menggunakan seminimal mungkin bahan baku yang bisa menimbulkan reaksi alergi.
  2. Mengandung bahan-bahan alami .
  3. Bebas Paraben. Pemakaian rutin dan berkelanjutan dalam jangka panjang dari produk-produk yang mengandung paraben bisa mengakibatkan berbagai gangguan kesehatan, dari yang ringan hingga yang serius. Mulai dari gangguan endokrin, kanker kulit, sampai mengganggu kesuburan. Pada 2014, Komisi Regulasi Uni Eropa melarang isopropylparaben, isobutylparaben, phenylparaben, benzylparaben, dan pentylparaben. Dan pada 16 April 2015, Komisi Uni Eropa menilai bahwa Penggunaan butylparaben dan propylparaben secara terus-menerus berpotensi risiko terhadap kesehatan manusia. Oleh karena itu, penggunaannya harus sesuai dengan rekomendasi Scientific Committee on Consumer Safety (SCCS). Meskipun penggunaan paraben di produk perawatan kulit tergolong kecil, namun jika seluruh produk personal care yang kita gunakan setiap hari memiliki paraben, tentu akan berbahaya.

Untuk menghindari salah beli yang berakhir sia-sia, saya ada informasi produk baby skin care yang bagus banget untuk bayi. Namanya Mustella Bebe.

Rangkaian produk dari Mustella Bebe ini keren banget, karena mengandung Avocado Perseose, bahan aktif alami yang teruji klinis memperkuat lapisan kulit bayi dan melindungi kekayaan sel kulit bayi dari lahir.

Udah pada tahu kan, kalau buah alpukat itu bagus untuk kulit? Dan, Mustela Bebe ini adalah produk pertama yang memformulasikan kandungan alpukat untuk menjaga kelembutan dan kelembapan kulit bayi.

Avocado Perseose adalah bahan alami yang sempurna untuk kulit bayi karena telah teruji klinis efektif melindungi kulit dari lingkungan luar, melembabkan dan mendukung pertumbuhan kulit, serta menjaga kekayaan sel unik pada kulit bayi. Sehingga kualitas kulit dijamin akan selalu terjaga dan terlindungi untuk sekarang dan seterusnya.

Sebagai Brand Baby Skincare nomor 1 di Eropa yang dijual di lebih dari 90 negara, rangkaian produk Mustela Bebe mempunyai 5 keunggulan utama:

  1. Efikasi yang terbukti secara klinis, teruji klinis dibawah pengawasan dokter pada lebih dari 845 bayi dan anak.
  2. Keamanan yang terjamin, formula Mustela menggunakan bahan-bahan alami, sudah teruji hypo-allergenic dan aman dipakai bayi sejak hari pertama kelahiran.
  3. Ramah Lingkungan. Sebagai brand yang ramah lingkungan, Mustela adalah member dari organisasi internasional UEBT (Union for Ethical Bio Trade) yang menjamin produksi dan pemakaian bahan alami yang aman, terpercaya dan ramah lingkungan. Produksi Mustela juga menggunakan botol yang 100% bisa didaur ulang.
  4. Kenyamanan khas Mustela. Kenyamanan pemakaian yang khas Mustela ikut merangsang panca indera bayi dengan tekstur yang lembut dan melembabkan dengan wangi yang menyegarkan.
  5. Rangkaian Lengkap. Mustela Bebe memiliki rangkaian produk lengkap yang memenuhi semua kebutuhan perawatan kulit bayi:

a.       Cleansing : Cocok untuk digunakan untuk membersihkan wajah, badan dan area diaper sebelum mandi atau ketika di dalam perjalanan. Selain itu juga berfungsi melembutkan dan melindungi kulit bayi.

b.       Bath Time :Selain menjaga bayi tetap bersih dan sehat, saat mandi juga merupakan waktu kedekatan yang berharga dengan bayi Anda. Diformulasikan khusus untuk digunakan sejak hari pertama kelahiran, rangkaian produk Mustela Bebe sangat ideal untuk menjaga kebersihan bayi setiap hari

c.       Diaper Change : Berfungsi untuk mencegah, merawat, menenangkan serta memulihkan ruam popok pada bayi. Teruji klinis pada 120 bayi selama 4 minggu, aman dan efektif pada bayi bahkan sejak hari pertama kelahiran. Formula Mustela Bebe Barrier Cream hipoalergenik dan tidak mengandung parfum.

d.       Daily Skin Care : Rapuh dan masih berkembang, itulah mengapa kulit bayi perlu dikuatkan dan dilindungi setiap hari dengan Mustela Bebe Daily Skin Care.

e.       Well-being : Mustela Bebe Well-Being diformulasikan tanpa terpene seperti kamper, menthol, dan eucalyptus, sehingga aman digunakan sejak bayi baru lahir.

 

Nah, Elmo sendiri pakai yang mana? Ini dia!

GENTLE SOAP NUTRIPROTECTIVE. Ini sabun bentuknya sabun batangan. Bisa dipakai untuk membersihkan dan menjaga kelembaban kulit kepala dan badan bayi termasuk bayi yang baru lahir dengan kondisi kulit kering sekalipun karena kandungannya mencegah kehilangan air pada kulit. Komposisinya terdiri dari:

  • Avocado Perseose
  • Natural Cold Cream: Melembabkan dan menenangkan
  • Ceramide: Mengganti cairan lipid yang hilang

BARRIER CREAM. Diaper cream satu ini ciamik banget. Efeknya bisa menghilangkan ruam popok pada bayi secara cepat. Barrier cream ini juga bisa dipakai sehari-hari untuk mencegah, dan merawat, agar ruam tidak muncul kembali. Sudah teruji klinis pada 120 bayi selama 4 minggu, aman dan efektif pada bayi bahkan sejak hari pertama kelahiran. Formula Mustela Bebe Barrier Cream hipoalergenik dan tidak mengandung parfum

  • Avocado Perseose: Melindungi sel inti dan lapisan kulit terluar
  • Alcacea Oxeoline: Mengurangi peradangan pada kulit
  • Sunflower Oleodistillate: Memperbaiki lapisan pelindung kulit dan meningkatkan pembentukan lipid kulit bagian luar
  • + Zinc Oxide sebagai pelindung kulit ekstra dari infeksi

Cara Pemakaian: Untuk menjaga kulit bayi tetap sehat dan lembut, popok bayi perlu diganti setidaknya 8 kali sehari. Setiap mengganti popok, oleskan tipis Barrier Cream ke kulit bayi disekitar area popok yang sudah dibersihkan

HYDRA BEBE FACIAL CREAM. Ini produk favorit saya, karena cari krim muka bayi itu susah lho.Hydra bebe facial cream ini diformulasi khusus untuk kulit muka, langsung melembabkan kulit dan bertahan lama, memperkuat lapisan pelindung kulit serta menjadikan kulit muka lebih halus, kenyal dan lembut. Biasanya setiap habis mandi, saya oleskan ke area wajah yang ada bercak-bercaknya aja. Komposisinya terdiri dari:

  • Avocado Perseose
  • Jojoba Oil
  • Vitamins E and F
  • Shea ButteR

HYDRA BEBE BODY LOTION. Biar nggak kering, setiap habis mandi oleskan Hydra Bebe Body Lotion ke seluruh tubuh. Ini bisa membantu menjaga kelembaban, memperkuat lapisan pelindung kulit serta menjadikan kulit halus, kenyal dan lembut. Komposisinya terdiri dari:

  • Avocado Perseose
  • Jojoba Oil: Menjaga lemak dalam kulit dan mempertahankan kelembaban kulit
  • Vitamins E and F: Memulihkan dan menjaga keseimbangan air di kulit
  • Shea Butter

MASSAGE OIL. Massage oil yang satu ini, aroma nya enak banget! Minyak yang berasal dari 100% ekstrak tanaman untuk digunakan memijit bayi dan membuat bayi merasa hangat dan rileks. Mustela Bebe Massage Oil juga berguna melembabkan kulit, memberikan nutrisi dan membuat kulit lembut dan kenyal. Komposisinya terdiri dari:

  • Avocado Perseose
  • Pomegranate Seed Oil: Menenangkan, memperbaiki dan menutrisi kulit (Kaya akan Vitamin E, Omega 6, dan kandungan Omega 5nya membantu membangun sel pelindung kulit)
  • Sunflower Oil: Merestruktur ulang, memperbaharuhi dan melembabkan kulit (Kaya akan Omega 6 dan 9). Kandungan Omega 9 yang tinggi memiliki spefikasi yang sama dengan minyak almond, yang berguna sebagai pelumas dan tidak menimbulkan alergi

Cara pemakaian: Gosokkan pada seluruh tubuh dan kepala kemudian bilas hingga bersih. Untuk cara pemijatannya bisa disimak di video berikut ini

Gimana, kandungannya mantap kan? Dijamin, nggak akan rugi menggunakan produk mustella bebe ini.

Untuk kalian yang ingin tahu lebih banyak tentang produk Mustela Bebe ini, bisa langsung klik akun di bawah ini.

Website : www.mustela.co.id
Facebook : mustelaindonesia
Instagram : @mustelaindonesia

Advertisements

Terimakasih sudah membaca.... ^_^

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s