Menyiapkan MPASI Sebelum Dinas Ke Luar Kota


three+grain+risotto+organic+baby+food+recipe

Saya tulis ini karena sudah janji mau share cara menyiapkan mpasi bayi saat saya ada kerjaan ke luar kota. Sebenernya gampang, dan cepet menyiapkan makanan bayi ini. Yang penting ada niat yang kuat aja. Karena memang, kondisi ketika sampai di rumah selepas kerja itu cukup lelah.

Jadi, bener-bener harus kuat niatnya kalau mau menyiapkan makanan untuk anak sendiri.

Sembilan bulan pertama, memang saya sangat anti dengan makanan bayi berupa kemasan. Yang siap saji , tinggal dikasih air panas itu lho. Bahkan saya nggak kasih snack bayi dalam kemasan itu juga. Makanan yang Elmo makan masih alami dan asli saya masak sendiri. Lelah, tapi harus saya jalani.

Karena saya mau membiasakan Elmo makan masakan rumahan, khususnya masakan ibunya. 

Makanan nya saya masak sendiri, sementara untuk selingan lebih sering makan buah-buah an. Tapi setelah usia 10 – 11 bulan lebih, saya sudah tega untuk kasih makan Elmo dengan makanan kemasan walau seminggu hanya sekali atau dua kali aja. Karena saya pikir sudah saatnya Elmo mengenal snack kemasan. Pas juga bertepatan dengan kerjaan saya semakin sering ke luar kota. Saya kehabisan waktu untuk menyiapkan makanan Elmo. Alternatifnya, Elmo makan makanan bayi dalam kemasan.

Biasanya saya siapkan makanannya, malam hari sebelum tidur, atau pagi-pagi buta setelah saya bangun.

Sekali masak bisa untuk 2 – 3 kali makan.  Kemudian, saya bagi ke dalam wadah-wadah kecil sekali makan dan simpan di kulkas. Setiap mau makan, dikeluarkan satu wadah kecil dan dihangatkan di dalam magicjar.  Lalu, disuapkan ke Elmo. Makanan ini bisa tahan selama 3 – 4 hari di dalam kulkas.

Menu masakannya yang simple aja, tapi bergizi.

Menu masakannya yang cepet aja, total masak nggak sampai 30 menit pokoknya. Bahan-bahannya beli di kios sayur tiap weekend. Sebelum ke luar kota, biasanya saya masak semuanya dulu. Kalau ke luar kota nya hari Senin, berarti saya masaknya hari Minggu. Saya masak pakai panci biasa, yang dipakai masak sehari-hari. Cara masaknya sama seperti masak pada umumnya. Setelah matang, masakannya ditambah nasi lalu diblender, kasih air hangat matang sedikit biar cepat halus.

image

Ada juga, buah-buah an. Saya selalu siapkan buah di dalam kulkas. Entah itu pisang, mangga, alpukat, melon, semangka, pear, apel, buah naga, atau buah apa aja lah. Sebagian ada yang diblender, ada juga yang dimakan fresh, ada juga yang dihancurin kasar pakai sendok biasa.

Saya juga siapkan makanan kemasan yang siap saji. Seperti makanan kemasan produknya Milna, atau Promina. Pilihan rasanya macem-macem, diselang-seling aja setiap harinya biar nggak bosen. Lalu, ada juga snack kemasan seperti punya Heinz dan Gerber. Snack ini baru dikasih ke Elmo, kalau dia mulai rusuh gangguin kita yang lagi asik makan snack ber-MSG. haha.

lunch_time-512

Jadwal makannya, dalam sehari Elmo makan besar 3 kali. Dalam sehari pasti makan masakan saya sekali atau dua kali. Tergantung, kalau dia bosen ya paling cuma sekali makan masakan saya. Sisanya, bisa makan buah dan bubur kemasan. Untuk jadwal nyemil, nggak ada. Suka-suka aja, kadang malah nggak nyemil apa-apa.

Kalau saya ke luar kota, makanan-makanan di atas udah siap semuanya di kulkas. Jadi, papanya tinggal ambil mana yang dimau. Diselang-seling biar nggak bosen. Paling lama, saya ke luar kota selama 4 – 5 hari. Kalau macam ini, saya biasanya siapin 2 masakan untuk dimakan 3 hari. Sisanya bisa makan nasi sama abon, atau sama rendang atau juga makanan siap saji dalam kemasan.

Gimana? Nggak ribet kan?

Advertisements

Terimakasih sudah membaca.... ^_^

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s