Bersahabat dengan Teknologi WTT-X


NjFcj2+jg5U5bQV635JuhjlN7Eo=

Wireless to the X atau yang biasa disebut WTT-x adalah teknologi broadband / internet + voip wireless berbasis 4G & 4,5G yang bisa kita gunakan untuk akses internet dimana saja dan kapan saja.

Kalimat dimana saja dan kapan saja ini, agar penyebutannya mudah, maka kita ringkas dengan huruf x di belakang. Jika penggunaannya untuk ke rumah-rumah, maka disebut WTTH (Wireless to the home). Kalau penggunaannya untuk kantor, jadi WTTO (Wireless to the office). Kalau penggunaannya di rumah saya, ya bisa jadi WTTRH (Wireless to the Rewinnita’s House). :))

Menyesuaikan aja. Jadi, nggak usah bingung dengan huruf –X- di belakang ya.

Fungsi utama hadirnya teknologi WTT-x ini adalah untuk memberikan keleluasaan pelanggan dalam mengakses internet. Sasarannya sih lebih ke pelanggan dengan anggota keluarga di rumah, dan perkantoran (Business Enterprise). Karena rumah dan kantor di masa depan itu akan menjadi lebih smart. Semua perabot akan terhubung dengan sensor yang bisa dikontrol jarak jauh melalui smartphone. Tentu saja semua itu akan berjalan dengan baik, jika ada akses internet yang baik juga.

 

AAEAAQAAAAAAAAdIAAAAJDJkNWRmZDk4LWM3NzktNDcxYy04OWJhLTMzNzA5ODgwNTI0MQ

.sumber dari sini

Teknologi WTT-x ini sebenarnya solusi jitu untuk area yang belum terjangkau oleh fiber optik. Seperti di rural area, atau di pelosok. Mirip dengan FTT-x (Fiber to the x), hanya saja FTT-x ini menggunakan teknologi fiber optic sedangkan WTT-x menggunakan teknologi wireless.

Sebagai informasi, untuk menggelar serat optic baru di suatu area membutuhkan waktu yang lama. Terutama masalah perizinan untuk menggali kabel serat optic. Belum lagi dengan biaya yang muncul. Karena itu, biasanya para operator penyelenggara fiber optic, akan memberikan syarat, mengumpulkan beberapa pelanggan yang berada di satu area yang sama, baru digelar kabel optiknya. Bisa dibayangkan, untuk area kita yang belum terjangkau fiber, harus sangat sabar jika kita ingin menikmati internet berbasis fiber. Ya, take times!  Ini menjadi tidak efisien baik di sisi operator dan di sisi kita sebagai user.

Sementara WTT-x  tampil dalam bentuk suatu alat / modem praktis dan manis, CPE (Customer Premise Equipment) yang berfungsi sebagai penerima sekaligus penguat dari BTS di masing-masing rumah. Kita tinggal colok ke listrik, langsung bisa internet rame-rame.

AAEAAQAAAAAAAAl0AAAAJGE4NjdmYWQ0LTU2N2QtNGU0YS1iODI0LTI4NmMwNWUyODgxOQ

sumber dari sini

Lalu, apakah CPE ini sama dengan modem wifi (mifi) ?

Mobile Wifi atau Mifi belum bisa disebut WTT-X ya. Karena, dua alat ini memiliki tujuan yang berbeda. CPE hanya bisa digunakan di satu lokasi. Sama seperti router yang berbasih fiber, tidak bisa dipindah-pindah kan?  Sementara modem wifi (mifi) bisa digunakan dimana-mana (mobile). CPE bisa digunakan  hingga 32 user, sementara mifi paling baik digunakan untuk sampai 2 user. Kalau kita punya handphone seharga 2 -3  juta rupiah, kemampuan akses internetnya akan sama dengan mifi ini. Sedangkan CPE tentu akan lebih kuat aksesnya, karena ada penguat sinyal di dalamnya. Selain itu, CPE ini  juga dilengkapi antena sehingga bisa mengcover hingga 100 meter di sekelilingnya.

Hampir semua operator di Indonesia sudah mengaplikasikan teknologi WTT-x ini ya. Hanya tingkat prioritasnya berbeda-beda, karena fokus dari bisnis masing-masing operator pun berbeda. Saat ini yang sedang memberikan perhatian besar pada teknologi WTT-x adalah PT. XL Axiata.

Saya akan ceritakan paket WTT-x yang ditawarkan oleh si biru ini,  di postingan berikutnya ya!

Semoga bermanfaat.

 (Eh nggak nyangka bisa menjabarkan begini. haha. Sumpeh, susah juga nyari definisi yang tepat berbahasa Indonesia lho. Browsing google, nggak nemu cuy!) 

signature

Terimakasih sudah membaca.... ^_^

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s