Sammy : DSA Galak yang Baik Hati


Selamat Pagi!

Lagi cari dokter spesialis anak (DSA) yang oke di Surabaya?

Kebetulan, Elmo cocok dengan satu dokter. Siapa tahu cocok juga untuk anak-anak bayi lainnya. Namanya Samuel Nugraha Hadi atau nama keren nya Dokter Sammy. Ini dokter anak ter-galak dan paling cerewet yang pernah saya temui. Saya setiap kesana, pasti kena omelan. Mau bener, atau salah, tetep saya selalu kena omelan.

Dokter galak itu identik dengan dokter lawas. Dokter jaman biyen. Tapi, kelawasan – nya ini yang bikin saya suka.Kalau saya pribadi, lebih cocok dengan dokter yang model lawas-lawas gini. Karena nggak terbantahkan. Apapun yang saya tanyakan selalu bisa dijawab, dan penjelasannya masuk akal.

Jadi ceritanya, saat usia 1 – 2bulan, Elmo grok-grok berkepanjangan yang udah sebulan nggak sembuh-sembuh. Beberapa orang bilang, si bayi masih masa adaptasi, ntar juga sembuh-sembuh sendiri. Tapi saya tetap kuatir ya, jadi saya konsultasi ke beberapa dokter. Tapi tetap aja ini grok-grok nggak sembuh-sembuh. Lalu, atas rekomendasi dari kakak ipar, saya berangkat ke dokter Samuel. Kebetulan tempat prakteknya Cuma selemparan batu dari rumah.

Bisa ditebak, pertama kali kesana saya diomelin. Kenapa anak udah terlanjur alergi baru dibawa kesini. Kenapa nggak dari sebelumnya. Saya pun mendengarkan dengan wajah stupid. Yaaa gimanaa… Dokter anak saat melahirkan Elmo bilang, anak saya baik-baik aja.

Menurut Dokter Samuel , “Grok-grok” yang Elmo alami karena Elmo alergi. Alergi dari asi saya sendiri. Lebih tepatnya, alergi dengan kandungan dari dalam ASI. Kandungan ASI sumbernya dari mana? Ya, dari nutrisi/zat yang dimakan oleh si ibu.

Sedih? Banget.

Ada kemungkinana karena keturunan juga. Saya ada alergi ikan laut waktu kecil. Setiap kali kambuh alerginya, kulit saya gatal-gatal. Tapi saat SMA, alergi itu sembuh-sembuh sendiri.

Ada 100 macam lebih jenis alergi ya, jadi Ibu nya yang harus pinter-pinter mencari tahu pemicu alergi nya apa. Alergi ini nggak bisa diobati ya. Karena udah bawaan bayi. Tapi lambat laun akan sembuh-sembuh sendiri seiiring dengan peningkatan kekebalan tubuh anak bayi. Lebih cepat diketahui alerginya, lebih baik untuk anak itu.

Untuk mengurangi resiko alergi pada anak, banyak pantangan yang harus saya lakukan. Mulai dari makanan yang mengandung susu sapi, kacang-kacang an, ikan laut, ayam potong, makanan yang berpengawet termasuk semua makanan yang dijual di supermarket juga nggak boleh. Intinya semua yang memicu alergi, harus dihindari dulu. Termasuk parfum dan sabun mandi yang saya pakai juga harus diganti sementara waktu.

Lalu, pelan-pelan, dicoba satu per satu pemicu alergi nya ini untuk mencari tahu Elmo ini alergi apa. Saya cuma boleh makan makanan tradisional yang dibuat dan diolah sendiri di rumah. Bahan-bahannya harus beli di pasar tradisional. Nggak boleh beli di supermarket.

Setelah 1 – 2 bulan jalan, baru ketahuan, ternyata Elmo alergi bahan pengawet dan vetsin. Jadi setiap kali saya makan makanan yang mengandung bahan pengawet dan vetsin, pasti dia langsung grok-grok.

Yang tahu duluan siapa? Ya saya sendiri lah. Emak nya. hehe.

Singkat cerita, Elmo sembuh dari alergi salah satunya berkat kecerewetan dokter Samuel. Setiap imunisasi saya selalu aktif tanya tentang tumbuh kembang si Elmo. Dan, seperti biasa, saya nggak pernah absen dari cerewet nya dokter ini. Ampun deh… Semua yang kita ucapkan dikoreksi satu per satu.  Apalagi untuk para ibu yang baru pertama kali punya anak bayi.  Semuanya dijabarin. Detail sedetail-detail nya.

Ini yang saya suka!

Dokter Samuel ini spesialis anak terutama untuk anak-anak yang alergi. Beliau punya sertifikasi konsultasi anak yang tidak dimiliki oleh dokter Anak kebanyakan. Itulah kenapa Dokter Samuel bisa memberikan konsultasi panjang kali lebar berjam-jam kepada setiap pasien nya.

“Saya ini dokter anak. Setiap anak yang saya rawat akan jadi calon penerus bangsa – calon pemimpin. Jadi, saya punya tanggung jawab besar terhadap tumbuh kembang calon pemimpin ini nantinya. Tugas saya sekarang, ya harus cerewet ke ibu sama bapaknya. Agar nanti tidak salah dalam merawat anak-anaknya.”, begitu kata dokter Samuel.

Sebelum lepas landas lagi ke Jakarta, saya sempatkan mampir ke Dokter Samuel untuk imunisasi PCV. Karena beneran, susah cari dokter anak  yang kayak dokter Samuel di Jakarta. Bisa puas nanya apa aja.

Tapi saya selalu ingat dengan kata Dokter Samuel.

Dokter anak paling hebat itu sebenernya cuma orang tua nya sendiri. Hanya orang tua yang paham kondisi anaknya seperti apa. Terutama, ibu-nya.

Bener juga ya. Kalau sampai ibunya nggak peka dengan kondisi anaknya, ya keterlaluan. Saya jadi ingat waktu kecil setiap kali sakit, saya selalu merasa nyaman saat dekat dengan ibu. Sampai sekarang, kalau saya sakit selalu telpon ibu.

Lalu, berapa tariff nya? Untuk konsultasi apalagi saat anak sakit, saya dikenakan charge 200ribu. Tapi untuk imunisasi, biasanya cuma vaksin nya aja yang disuruh bayar. Sementara jasa konsultasinya gratis.

Jangan kaget ya…kalau bisa antri lama banget. Mending kalau mau kesana, daftar dulu. Bisa lewat SMS atau telepon. Jadi kita bisa kira-kira harus datang jam berapa. Karena kalau sudah saat giliran kita, tapi kita tidak ada disana, kita harus nunggu sampai 3 pasien terlewati. Sementara satu pasien bisa menghabiskan waktu 1 – 2 jam berkonsultasi dengan dokter Samuel. Males kan?

Dokter Samuel bisa ditemui di Rumah Sakit HCOS Surabaya. Kalau nggak mau repot ke rumah sakit, bisa juga ke tempat praktik pribadinya. Berikut alamatnya :

]Dokter Samuel Nugraha Hadi (Dokter Sammy)

Rumah praktik : Jln. Rungkut Mapan Utara EA 12A , Surabaya.

Jadwal Praktik : Setiap hari kecuali hari Minggu / Tanggal Merah.

Pagi : 05.30 – 06.30

Malam : 17.30 – selesai

Buat para mommy yang mau nomor Dokter Samuel , bisa japri langsung ke saya ya. Semoga bisa menambah referensi dokter anak yang ada di Surabaya.

Advertisements

40 thoughts on “Sammy : DSA Galak yang Baik Hati

  1. Tria

    Halo mba.. Salam kenal. Ak blh mnt no kontak Dr. Sammy utk konsul yg di rmhnya? Anakku kebetulan alergi dr usia 1 bln, udh muter2 5 DSA di Sby tp blm Ada yg cocok mengenai alergi ini.. Dan kebetulan malah cocoknya dg dokter alergi yg di Jkt ketika mudik kmrn. Mudah2an dg Dr. Sammy cocok ya.. krn Cari DSA alergi yg bs vaksin juga.. mohon di email ke aprilia.tria22@gmail.com ya mom.. trmksh

    Like

    Reply
  2. Azaria Natasha

    Haloo mbak, saya baru pindah ke sby, dulu dokter samuel dokter suami saya pas kecilannya di sby, apakah saya boleh minta no hp atau no telf pendaftaran? Antriannya ramai kah? Thanks

    Like

    Reply
  3. lidya

    Dr Samuel ini DSA anak saya juga bunda. Anak saya juga kena alergi waktu umur 1 bulanan. Pas dibawa ke situ ternyata badannya udah ada bintik2 merah langsung deh papa mamanya kena omelan 😁.
    Semoga dek Elmo dan keluarga sehat selalu.

    Like

    Reply

Terimakasih sudah membaca.... ^_^

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s