Persiapan Membawa Bayi Naik Pesawat


Melakukan perjalanan jauh membawa bayi yang belum genap 5 bulan naik pesawat? Tidak ada dalam rencana saya. Dokternya Elmo sudah berpesan, setidaknya untuk dua tahun ini, saya dan suami puasa naik pesawat dulu jika harus pergi bersama. Dikuatirkan ketinggian dan tekanan di dalam pesawat akan membuat Elmo sesak nafas atau telinga sakit. Apalagi Elmo punya riwayat alergi yang berhubungan dengan saluran pernafasan.

Teorinya begitu.

Sebelum saya dapat email, harus mengikuti training kantor seminggu di Malaysia beberapa waktu lalu. Stok asip sudah kejar tayang. Saya nggak mungkin meninggalkan Elmo, dan membiarkan Elmo minum sufor seminggu penuh tanpa asupan asi sama sekali. Lagipula, kami tidak ada pembantu. Jadi, tidak ada pilihan, selain saya harus berangkat bersama Elmo.

Berdasarkan pengalaman ini, saya mau share tips aman membawa bayi naik pesawat.

  1. Pilih maskapai yang aman dan terpercaya.

Saya ada beberapa pengalaman dengan maskapai penerbangan lokal yang membuat telinga sakit. Dengan pengalaman dan insting tersebut, akhirnya saya memilih maskapai Garuda. Ini satu-satunya maskapai yang belum pernah membuat telinga saya sakit saat terbang. Tentu ada banyak maskapai lain yang lebih baik. Jadi, sesuaikan dengan insting dan budget mommy juga. Mana yang menurut mommy paling aman dan terpercaya.

  1. Bayi dalam kondisi sehat & tidak flu.

Istirahatkan bayi seharian full satu hari sebelum keberangkatan. Jika bayi flu, siapkan penutup telinga. Bisa dibeli di guardian atau century atau apotek terdekat. Kalaupun tidak ada, jangan kuatir. Pramugrari biasanya sudah menyiapkan penutup telinga ini. Tapi saya akhirnya tidak pakaikan tutup telinga ke Elmo, karena tutup telinganya terlalu besar, tidak muat masuk ke lubang telinga Elmo. Haha. Meskipun tanpa tutup telinga, Alhamdulillah, telinga Elmo baik-baik saja.

  1. Bawa Diaper bag = susu + pampers + minyak telon + obat2an + baju ganti

Untuk perlengkapan P3K, saya masukkan ke dalam diaper bag. Isi diaper bag saya adalah baju ganti (jaga-jaga kalau muntah harus ganti baju), tissue basah & tissue kering, pampers, minyak telon, obat-obat an pernafasan & alergi, botol susu, sufor yang sudah ditempatkan ke wadah kecil, termos, dan air mineral botol. Ini isi wajib ada di dalam diaper bag kemanapun Elmo pergi.

  1. Bawa pendamping

Bepergian jauh berdua dengan bayi itu mustahil buat saya. Karena sungguh repot sekali. Lebih baik membawa teman pendamping yang bisa membantu kita saat bayi menangis. Jaga-jaga aja sih. Karena sumpah, nggak lucu banget, kalau bayi dibiarin heboh nangis, sementara kita sibuk bawa barang, lalu kita jadi tontonan se-bandara?

  1. Check in lebih awal.

Jika menggunakan maskapai Garuda, penumpang yang membawa bayi tidak bisa check in online melalui website atau mobile apps. Jadi harus check in langsung di bandara, atau check in di kantor Garuda terdekat. Karena saya pikir check in di bandara akan merepotkan, dan kuatir waktu nya mepet, jadi sehari sebelum keberangkatan, saya ke kantor Garuda untuk check in. Kebetulan lokasinya dekat dengan kantor saya. Saya memastikan mendapat tempat duduk yang lega, seperti di depan atau di bagian tengah. Ada enaknya juga check in lebih awal lho. Saat hari keberangkatan, kami bisa agak santai dan tidak perlu antri lama-lama di counter check in. hehe.

  1. Bawa stroller

Stroller ini sangat berguna. Karena menunggu boarding kan lumayan lama. Dan, biasanya bayi akan tertidur. Bisa aja sih digendong. Tapi, kalau digendong, bayi terpaku pada satu posisi saja. Saya kuatir, badan Elmo nanti akan capek semua kalau kelamaan digendong. Tidur di dalam stroller lebih nyaman untuk bayi karena dia masih bebas tidur dengan posisi apapun. Selain itu, saya dan suami bisa lebih bebas bergerak kalau pakai stroller. Haha.

 

Tahap-tahap sebelum keberangkatan sebaiknya lakukan ini (Sekitar 15 – 20 menit sebelum keberangkatan) :

1. Ganti Diaper.

Ingat ya Mom, diaper penuh akan membuat bayi tidak nyaman dan rewel. Lima belas menit sebelum keberangkatan, saya ganti diaper-nya Elmo. Pas waktu itu Elmo habis pup, jadi sekalian saya ganti aja. Kalaupun Elmo tidak pup, saya akan tetap ganti pampersnya. Jaga-jaga agar diaper tidak penuh saat di pesawat nanti. Tentu akan sangat repot mengganti diaper di dalam pesawat bukan?

2. Siapkan susu

Elmo sudah kenyang minum susu 1 jam yang lalu. Saya perkirakan, dia akan haus sekitar 30 menit lagi.Susu agak panas saya siapkan dulu, agar nanti di dalam pesawat, saat Elmo mau minum – hangatnya pas – dan susu siap minum.

3. Ajak main saat di ruang tunggu

Saya dan suami sengaja mengajak Elmo main lama. Agar saat di pesawat, dia lelah dan tidur pulas. Dan, cara ini ampuh lho! Sesaat sebelum naik pesawat, Elmo sudah lelap.. hehe.

4. P3K bayi diletakkan di tempat yang mudah terjangkau.

Minyak telon, tisue basah, tisue kering & balsem pelega pernafasan saya tempatkan di tas slempang paling depan. Agar mudah dijangkau saat dibutuhkan.

Intinya, saya buat kondisi Elmo senyaman mungkin agar tidak rewel. Untungnya, pas saat masuk pesawat, Elmo dalam kondisi tidur. Dan saat penerbangan, Elmo hanya bangun dua kali untuk minum. Setelah itu tidur lagi. Alhamdulillah. hehe.

Perjalanan membawa bayi naik pesawat berjalan lancar. Bayi nyaman, dan kami pun tenang. Setelah ini, saya jadi lebih sering bepergian membawa bayi naik pesawat lho. Haha. Udah pede nih ceritanya.

Gimana Moms? Mau berpergian naik pesawat bersama bayi memang agak repot. Tapi bisa diatasi kalau kita sudah ada persiapan sebelumnya. Jangan lupa bikin paspor untuk bayi kalau mau ke luar negeri ya!
NB : Saya mempersiapkan travelling ini hanya 1 minggu. Sudah termasuk membuat paspor juga. Bisa bayangkan betapa ribetnya? Hehe. Tapi kalau mommy bisa jauh-jauh hari menyiapkan ini semua, tentu lebih mudah.

Semoga membantu.

Selamat travelling!

 

Terimakasih sudah membaca.... ^_^

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s