Lebaran Usai, Apa Kabar THR?


Haha. Agak telat menanyakan kabar THR, di saat lebaran sudah selesai. Tapi ini patut dipertanyakan, mengingat rata-rata THR sudah amblas duluan jauh sebelum tanggal gajian bulan ini datang. Ngaku! Siapa yang masih pegang duwit THR sampai hari ini? Buat temen-temen yang masih setia dengan duwit THR-nya, saya acungkan dua jempol tangan ditambah dua jempol kaki. Kalian, luar biasa!

Sedangkan kalian yang THR nya tinggal kenangan.. jangan langsung lemes gitu dong. hehe. Masalah keuangan kayak gini jangan sampai dibawa stress. Tetap aktif guys. Singsingkan lengan dan kencangkan ikat pinggang. Yang pasti dengan tetap aktif, akan membuat mood kita jadi lebih positif dan segala masalah bisa teratasi. Ingat, dunia belum berakhir. Kita harus tetep semangat dan mulai memikirkan cara bertahan hidup. Yah, paling nggak bisa survive sampai gajian bulan ini.

2

gambar diambil dari sini

Saya punya tips oke, biar hari-hari usai lebaran kita jadi lebih semangat. Ini tips dari saya, khususnya untuk kamu-kamu yang lagi meratapi nasib THR yang nggak bersisa. Bercanda! Yuk, simak sebagai berikut :

  • Buat daftar kebutuhan prioritas

Kebutuhan prioritas versi saya diantaranya seperti transport ke kantor. Untuk transport, usahakan fokus untuk ke kantor atau yang berhubungan dengan kerjaan ya. Lumayan kan, bisa ngirit bensin. Kemudian kebutuhan makan sehari-hari. Ya kalik, nggak usah sampai makan mie instant tiap hari lah. Kalau perlu, siapkan bekal dari rumah dengan menu sehat supaya bisa lebih berhemat.

  • Puasa syawal

Masih terbiasa dong dengan Puasa Ramadhan? Lanjutin deh dengan puasa Syawal.  Puasa Syawal selain berpahala juga bisa jadi solusi untuk berhemat usai lebaran. Atau, untuk temen-temen yang punya hutang puasa sekalian dibayar aja. Lumayan kan, bisa mengurangi hutang puasa sekaligus berhemat.

  • Hindari mall

Mau ngapain lagi nge-mall? Diskon lebaran di mall-mall sudah berakhir.  Hindari dulu deh. Daripada tergoda beli barang-barang yang sebenarnya nggak kita butuhkan. Pengin nonton doang? Nanti aja, nunggu gajian. Mending kalau boring, ngumpul bareng temen-temen aja di rumah. Nonton DVD kek.. Main gitar kek..  Curhat-curhatan kek.. Ketawa bareng kek.. Nangis bareng kek.. hehe.  Atau buat kalian para kaum hawa yang bingung mau ngapain, mending dateng ke acara Hari Hijaber Nasional :

Tanggal: 07 Agustus 2016 – 08 Agustus 2016
Tempat: Masjid Agung Sunda Kelapa, Menteng, Jakarta Pusat

Ini bisa jadi alternatif seru-seruan bareng sambil ketemu temen-temen baru lho. Yang pasti ikut acara ini lebih asyik daripada meratapi THR yang sudah berlalu.

  • Tetep Nabung

Duwit mana lagi yang mau ditabung?? Udah habis, masih disuruh nabung juga. Haha. Maksudnya, tetap sisihkan sebagian untuk jaga-jaga kalau ada apa-apa. Mulai sisihkan duwit-duwit kembalian. Entah itu dua ribu, seribu, atau seratus perak. Sedikit demi sedikit tanpa disadari duwit yang dikumpulkan tiap hari bisa nambah saldo tabungan lho.

  • Stop Ngutang

Apapun yang terjadi, usahakan untuk tidak berhutang ya. Daripada ngutang buat kebutuhan yang nggak terlalu penting, mending diem di rumah main pokemon. Kalau memang kehabisan duwit banget, mending cari kerja sampingan. Jadi ART harian misalnya. Haha. Biasanya setelah lebaran, para ART suka nggak balik tuh. Ini bisa jadi kesempatan buat kamu untuk menambah penghasilan lho di luar jam kerja. Lumayan kan?

Oke. Itu tips dari saya. Gimana, sudah bikin semangat belum? Hehe. Masih belum semangat juga? Ya elah… gajian tinggal menghitung hari. Sabarr yah!

signRewinnita

Terimakasih sudah membaca.... ^_^

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s