Berani Pindah Rumah


Alhamdulillah. Hari ini, saya resmi menempati rumah baru. Rumah yang saya idam-idamkan sejak dua tahun yang lalu. Horay! Pas banget kan, pindahan di tanggal cantik 15 bulan 7 tahun 2016. (Dimana sih cantiknya? haha. Maksa)

Jadi, inilah rumah baru untuk semua tulisan dan uneg-uneg saya. www.rewinnita.com .

 

signRewinnita

Sebelumnya rumah saya ada di rewinnita.wordpress.com . Agak sayang sih, karena saya udah pakai blog gratisan dari wordpress itu sejak awal kuliah tahun 2007. Tujuh tahun bersama. Jaman nulis-nya masih alay. Alay banget. Bahasa nya sumpah alay. Dari penggunaan kata aq, akuh, Q, i, sampai pelan-pelan bertransformasi jadi aku dan sekarang berhasil menggunakan kata “saya”. Tepuk tangan!

bloglama

Blog lama, rewinnita.wordpress.com

Dan parahnya, blog itu saya pakai untuk portfolio melamar kerja jadi reporter di salah satu surat kabar Surabaya. Dan, diterima. Meskipun alay, ternyata blog itu lumayan luar biasa kan? Haha.
Rasanya menempati rumah baru itu, lebih lega dan leluasa. Dan berasa lebih “keren”, karena rumahnya pakai nama saya sendiri. Paling nggak, menurut bapak saya keren. Karena, yang menamai saya kan si bapak. Oh iya, semua konten di blog lama sudah saya pindah semua kesini. Kecuali, tulisan alay dan galau sudah saya hapus. Hehe. Biar kelihatan lebih dewasa gitu lho!

hipsterlogogenerator_1468477460548

Oke, butuh tekad yang kuat, sampai akhirnya saya mau pakai domain sendiri. Sebelum membeli domain, saya sudah browsing kesana kemari dan mencari referensi jasa penyedia domain yang terpercaya. Terpercaya itu maksudnya :

  1. Fast Respond
  2. Memberikan banyak tutorial
  3. Pembayaran mudah
  4. Harga miring

Dari sekian banyak jasa penyedia domain, rata-rata memenuhi tiga kriteria pertama. Jadi, tinggal memilih layanan yang memenuhi criteria terakhir. Yes. Mencari mereka-mereka yang memberi promo harga miring.
Pas banget dua hari sebelum mudik – saya dapat informasi promo diskon 15% dari dewaweb. Setelah saya banding-bandingkan dengan layanan lain, ini termasuk yang paling murah. (Bukan iklan yah..hehe)

1.dw-ramadhan-2016-blog-1

Eh maaf ya, baru saya share di saat promonya sudah berakhir

Saya ambil paket Cloud Hosting Scout. Kenapa? Karena ini paket yang paling murah ditawarkan oleh DewaWeb. (tetep ya, nggak mau modal lebih – Haha). Kebetulan saat itu, ada diskon 15%. Harusnya IDR.180.OOO per tahun jadi IDR.153.000 per tahun untuk paket domain + hosting. Dan berulang di tahun berikutnya.

153ribu per tahun

Udah gajian, udah dapet THR, nunggu apa lagi? hehe

Dan menurut saya, untuk level blogger, rasa-rasanya sudah sangat cukup dengan fasilitas yang disediakan di paket Cloud Hosting Scout ini. Saya semakin mantap, setelah mendapat saran yang sama dari si mas-mas customer service dewaweb.

1.paket cloud2

Free Domain for Life Time. Terutama, jika kita ambil untuk paket 1 tahun.

Tapi kalau temen-temen sudah punya hosting sendiri, bisa beli domain nya saja. Malah jatuhnya lebih murah, kalau nggak salah sekitar IDR.90.000 saja per tahun. (Biasanya sih, untuk mereka yang sebelumnya pakai blogspot – saat pindah domain, mereka tinggal beli domain aja. Nggak pakai hosting lagi.)

Sedangkan saya? Karena, sebelumnya saya pakai wordpress – dan setahu saya di wordpress tidak menyediakan layanan hosting. Ada sih, tapi harus beli satu paket domain dan hosting-nya. Setelah saya bandingkan, harga di wordpress lebih mahal. Sekitar $18 atau sekitar IDR.235.000 per tahun.

Awalnya saya agak cemas, kalau pelayanan customer service nya lama. Karena untuk install wordpress ini agak ribet dibandingkan blogspot jadi butuh support lebih. Apalagi saya kan agak galak ya bok, jadi kalau respond nya selow – bisa saya omel-omelin tuh CS nya. Tapi ternyata oh ternyata… CS nya sangat aktif dan fast respond. Jam berapapun dibalas lho chatingan nya. Malah saya nggak perlu banyak nanya, karena dewaweb sudah memberikan tutorial yang sangat lengkap. Mulai dari tutorial dalam bentuk artikel sampai bentuk video youtube. Dijamin, nggak bingung lagi deh. Hehe.

Tapi jangan kuatir. Tim Dewaweb.com selalu punya varian promo setiap bulan. Buat yang belum kebagian promo, bulan ini ada promo Lebaran lho. Cek aja langsung disini.

https://www.dewaweb.com/promo-lebaran1437/

Wah…maaf, ini pun sudah berakhir kemarin.

Ya, namanya juga rumah baru. Kalau nggak didukung dengan tampilan yang oke, jadinya percuma kan. Sempat mau bayar tim khusus untuk mendesain blog ini agar terlihat lebih cantik. Tapi apa daya, lebaran pada libur semua cin… Akhirnya sambil santai di rumah, saya ngutak-ngutik sendiri blog ini. Mulai dari cari-cari referensi blog-blog yang menurut saya oke, sampai dengan menginstall plugin-plugin pendukung.

softaculousinstaller
Untungnya pada c-panel sudah disediakan banyak aplikasi untuk mendesign blog berupa softaculous apps installer. Ada banyak pilihan CMS untuk membuat blog atau website. Mulai dari Joomla, serendipity, sampai wordpress juga ada. Haha. Yey! WordPress ini yang penting. Jadi, kita nggak perlu pusing mikirin kode pemrograman web. Cukup install CMS nya. Kreasikan sesukamu. Dan taraaa…! Jadi deh.

Perjalanan Rewinnita.com ini akan masih sangat panjang. Apalagi untuk mendapatkan banyak pengunjung. Hiks. Seperti kembali ke tujuh tahun yang lalu. Memulai dari awal lagi. Tapi saya sih santai ya… niatnya kan pengin nulis di domain sendiri. Jadi ya udah, ngalir aja.

Harapan setelah memiliki domain sendiri ini, saya jadi termotivasi untuk rajin ngeblog. Targetnya sih seminggu dapet 2 – 3 tulisan. Semoga rumah baru ini membawa berkah dan manfaat untuk saya dan pembaca. Amin.

Yang mau berkunjung, silahkan…

Selamat datang di www.rewinnita.com

signRewinnita

Advertisements

6 thoughts on “Berani Pindah Rumah

Terimakasih sudah membaca.... ^_^

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s