Ganti Micin dengan Gula!


Dulu waktu jaman SD, setiap kali saya masak sendiri, micin selalu nggak pernah absen dimasukin di dalemnya. Maunya buat eksperimen. Dan, karena rasanya unik, jadi saya suka-suka aja tanpa tahu efek dari micin itu apa. Oh My…

Entah sudah sejak kapan, saya nggak lagi pernah memakai micin di rumah. Jaman SMA mungkin. Ya, karena ibu saya juga nggak nyedia-in micin lagi di rumah. Hoho. Penting kan peran dari ibu? Kalau ibu sudah stop, satu rumah ikutan stop deh. Apapun itu.

Ya. ya. ya.

Micin atau Monosodium Glutamate adalah zat penambah rasa pada makanan yang dibuat dari hasil frementasi zat tepung dan tetes dari gula beet / gula tebu. Ketika MSG ditambahkan pada makanan, dia memberikan fungsi yang sama seperti Glutamate yaitu memberikan rasa sedap pada makanan. MSG sendiri terdiri dari air, sodium dan Glutamate.

Saya tahu. Hampir nggak ada makanan yang available dijual di warung-warung, restoran, atau manapun sekarang bisa bebas dari micin. Saya paham sekali. Tapi minimal, meminimalisir pemakaian micin di masakan sendiri, boleh dong? bisa dong?

Resep rahasia kenapa ibu bisa masak enak? Ciyehh… ibu saya bisa masak lho bro! Suwer! Masakan apapun so pasti yummy. Tanpa micin. Kadang juga masaknya campur aduk, entah apa yang dimasukin. Tapi bisa tetep lezat tanpa micin sama sekali. Rahasianya?? Ya selain tangan-tangan nya ahli, juga karena pemakaian gula. Bumbu masakan intinya cuma garem sama gula toh cuy.

“Kalau mau enak, main-main aja di pemakaian gula-nya. Nek kowe pancen bakat, masak opo wae mesti enak. Ra usah ngganggo micin.”, begitu kata ibu saya. Ibu nggak pernah pakai micin di rumah. Begitu juga saya. Sumprit, saya nggak pernah masak sendiri pakai taburan micin se-butir pun.

Jika digunakan secara berlebihan, micinΒ mempunyai efek negatif terhadap tubuh. 12 gram MSG per hari dapat menimbulkan gangguan lambung, gangguan tidur serta mual2. Bahkan beberapa orang ada yang mengalami reaksi alergi berupa gatal, mual dan panas. Tidak hanya itu saja, MSG juga dapat memicu hipertensi, asma, kanker serta diabetes, kelumpuhan serta penurunan kecerdasan.

Tuh..kebanyakan micin bisa bikin tambah tulalit lho. Bahaya kan? Apalagi saya perempuan, dan suatu saat akan menjadi ibu (amin). Saya nggak mau dong, kalau anak saya nanti tulalit hanya karena mengonsumsi micin. Oh No.

Gula sama micin kan asalnya sama-sama dari tebu. Gula dari air tebu nya, micin dari ampas tebu nya. Kalo dilogika, karena bahan dasarnya sama, ya mending pake gula dong daripada micin. Jadi, hidup micin! Eh..hidup Gula..!

 

 

Advertisements

4 thoughts on “Ganti Micin dengan Gula!

  1. ndiievania

    Aku sendiri dulu termasuk yang ngga begitu doyan makanan yang pakai micin,nah begitu makin gede,malah ga pernah masak dan makan yang ada micinnya. Jadi anak-anak dirumah juga jarang banget kena micin,cuma yang suka komen kalo ada sodara yg suka ikut nyicip makanan dirumah,katanya bukan makanan kalo tanpa micin πŸ˜›

    Like

    Reply
    1. rewinnita Post author

      haha iya… makin kesini makin mengurangi micin. Kalau kata sodara, tanpa micin seperti ada yang kurang. Hihi. Tapi, kalau udah terbiasa ga pakai micin – juga sama aja sih rasanya. πŸ™‚

      Like

      Reply
  2. efi

    Waktu aku kecildulu pernah dibilangi, jangan kebanyakan makan yang pake micin biar ga jadi anak yang bodoh πŸ™‚
    Aku juga ternyata alergi MSG, berusaha ngurangin makanan yang pake micin. Udah terbiasa masak ga pake micin juga meski masih ngeraba-raba komposisi gula yang pas biar gurihnya tetep dapet. By the way, cek email ya,Mak. Ada email cinta dari makmin KEB ^-^

    Like

    Reply
    1. rewinnita Post author

      Sama dong, guru-guru SD aku juga bilang gitu. Kalau banyak micin, bikin telmi lho (telat mikir). hihihi. Wah, kalau sampai alergi bahaya juga ya. Hindari micin sejauh mungkin ya. hihi.
      Aduh…email cinta nya kelewat makmin… maaf yah. Mau dong daftar lagi min..

      Like

      Reply

Terimakasih sudah membaca.... ^_^

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s