Arjuna Bukan Untuk Srikandhi?


Wolala… judul yang puitis tidak sedramatis isi tulisannya. Hahaha… Lagi pengin sharing tentang film yang lagi booming!  Yuhu~ Mahabharata.  Ada yang nonton juga?? Saya cukup takjub, karena temen-temen kecil saya yang baru duduk di kelas 3 SD pun mengikuti tayangan ini. Nggak mau kalah, saya pun ngebut nonton film ini dari youtube! (tetep, gratisan mau nya). Langsung dong…tanpa subtitle pake bahasa nehi-nehi (red.India)  yang aslii…ga ngerti banget artinya apa! Untung, si mami beli DVD nya yang sudah pakai subtitle Indonesia meskipun tata bahasa nya masih acak kadut. Yah..maklum bajakan sih, jangan ditiru ya! Kalau penasaran, ntar saya ceritain aja deh. Haha~.

Tapi setelah tahu sekian episode, saya cuma bisa pasang wajah -sedih-.

Well  dalam  cerita ini, salah satu moment yang saya tunggu adalah kisah Arjuna dan Srikandhi. Bagaimana mereka bertemu, lalu jatuh cinta, lalu menikah, lalu Srikandhi ikut berperang – membantu Arjuna membunuh Bisma, lalu Srikandhi meninggal dibunuh Aswatama, lalu Arjuna bersedih hati. Srikandhi pun menjadi cinta sejati dari Arjuna.

Itu yang saya harapkan. (backsound – dramatis)

Tapi di film mahabharata yang tayang saat ini, rasa-rasanya tidak begitu. Karena dalam beberapa moment di sekitar saya, Arjuna itu dipasangkan dengan Srikandi. Lihat di tiap kawinan, ada tarian Arjuna yang berpasangan dengan Srikandhi. Lalu, browsing di internet, membaca cerita cinta Arjuna dan Srikandhi.  Wajar kan kalau saya berharap lebih? Halah….

Yang pasti, Saya sudah menunggu-nunggu, bagaimana si Arjuna dan Srikandhi ini bertemu. Tapi ditunggu sampai film nya habis pun, nggak bakalan ada. Kecuali, saya jadi produser trus bikin film beginian versi saya sendiri. lol. *abaikan*

Arjuna

Arjuna

Tapi saya juga nggak tahu sih, bagaimana cerita yang sebenarnya. Tapi cukup shok juga ketika ibu saya bilang, “Srikandhi itu lho bencong.”. Semua imajinasi saya tentang Srikandhi pun mendadak redup.

How come? Arjuna fall in love dengan seorang bencong? (backsound – dramatis)

Maap-maap ya, sebagai salah satu fans dari arjuna, saya jadi agak gimana gitu…hahaha. Mosok ganteng nya kayak gitu, naksir sama bencong?? Saya percaya? Nggak juga. *Haha..masih mengelak*.

Tapi seenggaknya di film yang sekarang ini, Srikandhi masih bersosok wanita. Ya.. agak tomboy.. meski dengan lengan yang cukup kekar. Tapi tetap cantik. Dan minimal, nggak tampil Bencong! Cuma.. memang agak ke-laki-laki an.

Srikandi

Srikandi, cantik garang!

Ya..sayang sungguh sayang…. ternyata Arjuna bukan untuk Srikandhi, di film ini.  Srikandhi nya buat Bisma. Fyi,  Srikandhi adalah manusia reinkarnasi dari Dewi Amba yang dulu pernah ditolak sama Bisma. Dewi Amba hidup kembali dengan wujud Srikandhi, untuk membunuh Bisma sebagai bentuk balas dendam nya.

Well… sudah cukup terhibur lah juga dengan cinta Subadra (adik Krisna) pada Arjuna. Kisah cinta yang ala India banget! Nggak pakai kejar-kejaran di balik pohon dengan kain sari melambai-lambai sih. Tapi, adegan dimana Arjuna menyelamatkan Subadra waktu dicemplungin sungai sama raksasa, pun sudah cukup memikat hati. Subadra yang lemah gemulai berpasangan dengan Arjuna yang heroik. Kisah cinta klise pada umumnya, tapi tetap berkesan.

Subadra & Arjuna menikah

Subadra & Arjuna menikah

Yayaya… saya masih penasaran, dimana ke 39 istri Arjuna yang lain. Konon, Arjuna punya 41 istri. Diantaranya adalah Pancali (Drupadi) dan Subadra dan Srikandhi.

Kalau kalian gimana, ada yang nonton Mahabharata juga?

 

sumber gambar : google.

20 thoughts on “Arjuna Bukan Untuk Srikandhi?

  1. srikandi jadi istrinya arjuna itu versi jawa kakak (hasil google ) wkwkkw dan masa istri arjuna sampai 41??? (aku orang jawa tapi ngga pernah paham sama cerita wayang, tau juga dari internet wk). kenapa ya aku ngga suka kalo arjuna disebut playboy hanya karena istrinya banyak?hellow~ jaman dulu yang istrinya banyak bukan cuma arjuna, dan arjuna itu ganteng terus apa salahnya kalau banyak cewek yang suka sama dia? masa iya dia harus oplas wkwkwk
    dan sekali lagi ini pertama kalinya aku denger dia punya 41 isrti,gimana ya..percaya ngga percaya :v tapi tadi baca komen kalo dia punya 41 istri itu yang ada di versi jawa,iyakah? bagus lah kalo gitu :v karena versi jawa kan yg udah diubah tidak sesuai aslinya (india), dan entah kenapa aku lebih suka cerita mahabharata yang versi india :v (malah curhat) oke sekian,maaf kalo panjang dan jika ada tulisan saya yang tidak berkenan
    akhir kata (?) ARJUN ❤ SUBHADRA ehehehe…

    Like

  2. Arjuna dan srikandi hanya bersatu dalam kisah mahabharata versi jawa (wayang), karena poliandri tidak sesuai dgn kebudayaan kita. Jika ingin melihat kisah cinta arjuna dan srikandi bisa lihat wayang dengan lakon/judul ‘mbangun taman maerokoco’. Setahuku srikandi itu perempuan tomboy! Justru yg agak sedikit bencong itu arjuna. Aku pernah baca di novel mahabharata karangan nyoman…. siapaaa gitu *lupa* klo arjuna pernah dikutuk jadi banci. Buktinya, meskipun dia laki2 dia mahir dalam urusan seni. Dia juga menyamar jadi perempuan dalam masa pengasingan

    Like

  3. la mmg arjuna adalah satrya play boy,byk ank muda yg mngidolakan arjuna dgn kisah cintanya,,,tp sbnarnya mrk tdk tahu,,klo dlm kisah pewayangan itu,yg mnjdi kisah romantis penuh cinta dan ksetiaan itu adalah kisahnya raden kumajaya dan dewi ratih, bkn arjuna dgn istri2nya

    Like

  4. tu yang versi wayang jawax. coz setah mskx islam, poliandri jlas dilarang, so..dibwatlah versi drupadi cuman jadi istrix yudistira. smntara arjuna yang punxa istri banxak! ( tetep……) hiks!

    Like

  5. Bukan bencong!! Tp dia adalah seorang wanita yang transGEN, yang pasti tidak melalui operasi, melainkan melalui dewa. Knapa bisa transgen?? Soalnya itu udah rencana dewa untuk membunuh bissma agung, yang hanya bisa di bunuh oleh srikandi.. Klo mau tau lebih lanjut nuh pin saya 25D601C3

    Like

  6. arjuna menikah dengan srikandi itu versi jawa. kalau versi asli dari india, nggak nikah sm srikandi. trus juga arjuna nggak punya istri sampai sebanyak itu kok, mungkin para dalang wayang yang menambahkan tokoh lain sbg istri arjuna. jadi kesannya arjuna buaya darat bgt. istri2 arjuna yang paling sering muncul dlm mahabharata versi asli india adl Drupadi, Subhadra, Ulupi, dan Citranggada.

    Like

  7. Α̍̍̊ЌŪ ƍäª §ŪЌǻ $∂♍ā srikandi dia ƍäª pantes jadi istrinya arjuna yang pantas tu pancali subhadra ϑåи̣ α̍̍̊ЌŪ и̣íså yang pantas jadi istrinya arjuna jangan kan jadi istri jadi anak pun ƍäª papa yang penting bisa $∂♍ā arjuna terus

    Like

  8. Setauku istri Arjuna itu hanya ada 8….knp jadi 41???”̮ћϱћϱ (♥̃͡♥̃͡) ћϱћϱ”̮ tapi itu versi jawa….di Versi jawa..Drupadi nya kan istrinya Yudhistira ajah…

    Tapi versi Jawa ma India miripnya 80% lah…

    Like

  9. Gue adalah pengagum pasangan arjuna dan srikandi sejak dl,excited bgd pas tw klo ada serial mahabarata.brharap crita cinta arjuna ma srikandi sgra tayang.
    Tp..klo trnyata g sesuai ama harapan.
    Gue kecewa bgd..

    Like

  10. Bro….Srikandi jg buat Arjuna, 2 istri..pada saat perang baratayudha yg bisa mengalajkan/membunuh bhisma adalah Srikandi krn dia titisan dr dewi Amba…krn perang barata yudha itu hrs terjadi antara pandawa dan kurawa, bhisma krn sbg ksatria yg harus menepati darma nya mau2 ga mau hrs ikut kurawa

    Like

    • yes, betul.
      Betul, arjuna punya dua istri yaitu Drupadi (pancali) dan Subadra (adik nya kresna). :). tapi di film ini, srikandhi ga jadi istri nya arjuna.

      bukan begitu? hehehe

      Like

Terimakasih sudah membaca.... ^_^

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s