Tips Kerja Sampingan Ala Mahasiswa


Kalau jaman mahasiswa (saya) dulu nggak bisa diem kalo nggak pegang duwit. Maklum, uang saku pas-pas an sementara yang harus dibayar ini-itu banyak. Ya… nggak bisa dipungkiri, duwit buat fotocopy kalau ditotal bikin sedih juga. Belum lagi, kalau harus urunan tugas kelompok. Belum kalau pengin jalan-jalan atau makan-makan sama temen-temen.Β  Atau mungkin, ada yang pengin banget beli sesuatu tapi sungkan kalau harus minta ke ortu atau saudara? Atau mungkin, ada yang mau nunjukin gaya-gaya an, inii lhoooh… AKU BISA BELI BARANG SENDIRI, HASIL KERJAKU SENDIRI. Haha..

Jadi… so jadi… Beta mau kasih tips buat temen-temen heei…kalian para mahasiswa, biar punya duwit tambahan sendiri dan HALAL. Oke.

duwit

1. BEASISWA. Kalau kalian emang ngerasa pinter, dan nilai sangat mencukupi, cepet-cepet deh cari beasiswa. Beasiswa itu duwit lho bro! Lumayan kan, duwitnya bisa buat bayar SPP kuliah. Bangga nggak sih, kalau kita bisa bayar SPP sendiri tanpa harus minta ke ortu. Bangga dong! Nggak cuman, buat yang pinter aja sih.Β  Contoh, saya. Nggak pinter. Sumpah. IP pas-pas an. Dapet beasiswa. Caranya? Mengabdilah pada kampus. Cintai kampus kalian dengan sepenuh hati. Ciyee… hehe.. Maksudnya, jadilah aktivis di kampus. (Aktivis yang membangun lho ya! Bukan aktivis yang kerjanya cuman demo doang). Aktivis, bisa seperti… bantuin riset dosen (saya nggak ambil ini, karena nggak bisa!), jadi panitia acara-acara di kampus, kontributor jurnalis, bantuin ngurusin website kampus, atau banyak yang lain deh.

2.Ikut Lomba. Lomba itu selalu ada berhadiah kan? Dan, hadiahnya rata-rata biasanya berupa duwit. Ikut aja lomba-lomba mahasiswa. Selain, nambah koleksi sertifikat – hadiahnya bisa buat makan-makan bro.. Nggak usah takut kalah. Yang penting menang! Llhoo… haha…

3. SPG. Buat yang merasa cantik dan bohay… daripada weekend tidur-tiduran di rumah, bisa ikutan jadi SPG. Kadang, memang SPG konotasinya negatif ya, seperti SPG rokok yang pake baju mini dan ketat. Tapi, kita bisa kok jadi SPG yang kostum nya nggak seksi-seksi banget. Misal, jadi SPG untuk produk bayi, alat rumah tangga, snack, dan banyak lainnya. Lumayan kan, dapet 100ribu-300ribu dalam sehari. Biasanya, SPG dibutuhkan untuk satu event, dan tiap event minimal untuk 2 hari. Ting-ting-ting..! Ya udah sih.. dikali aja bisa dapet berapa duwit.

4. Guru Les Privat. Yang doyan sama anak kecil nih…. jadi guru privat selepas kuliah bisa jadi jalan menuju duwit. Haha.. Tapi tetep ya bro, mesti sayang anak. Dan, pede buat ngajarin materi anak-anak TK, SD, SMP, SMA. Nggak harus pinter, tapi bisa menyampaikan materi sekolah dengan baik. Dapet poin plus kalau bisa kasih motivasi juga ke anak-anak. Jjadi guru privat, yah… bisa lah dapet 30 – 50 ribu sekali dateng. Seminggu bisa 2 – 3 kali. Malah ada yang tiap hari. Hitung aja tuh, dalam sebulan bisa dapet berapa duwit.

5. Wirausaha. Yang suka banget jualan, disini kesempatan kalian. Target pasar nya? Ya temen-temen kampus kalian sendiri lah. Cari peluang kira-kira yang lagi dicari itu apa. Dan, kasih harga miring. Untung kecil buat mahasiswa, tetep aja berasa gede kan…

6. Freelancer. Karena saya suka nulis, jadi waktu itu sempet diterima jadi reporter di salah satu surat kabar Surabaya. Lumayan, dapet gaji tetap tiap bulan. Dan, lumayan lagi karena duwitnya saya pakai buat beli motor. Freelancer ada banyak macemnya, salah satunya bisa ikutan event organiser dan jadi salah satu team nya. Cari event-event yang weekend atau selesai kuliah. Atau, buat yang suka foto-foto, ikutan aja jadi fotografer freelance. Sekarang kan banyak tuh…yang nyari fotografer acara-acara tertentu dengan harga murah. Semurah-murahnya fotografer, tetep duwitnya banyak bagi mahasiswa bro. Percaya deh.

Itu, beberapa contoh yang bisa saya share berdasarkan pengalaman. Hohoho… Dan masih banyak kerjaan lain yang bisa kalian ikuti.

Tapi, jujur ya.. Hikmah terbesar saat kerja sampingan itu sendiri bukan soal duwit. Tapi lebih ke pengalaman, wawasan dan banyak teman baru. Kalau duwit sih bisa dicari. Tapi, kalau pengalaman & teman nggak bisa dibeli.

Tetep inget ya bro. Tugas utama pelajar itu adalah sekolah. Jadi, apapun kerja sampingan kalian, pastikan nilai akademis jangan sampai anjlok. Minimal, tetep di atas 3.0 lah… Malu dongg…bisa cari duwit sendiri, tapi nilainya jelek. Tunjukkan bahwa kalian adalah lulusan terbaik yang punya banyak aktivitas serta punya nilai akademis yang bagus.

7 thoughts on “Tips Kerja Sampingan Ala Mahasiswa

  1. Nice info, sangat berguna sekali untuk pemula yang belum ada ide untuk cari sumber penghasilan tambahan..hehe

    Tambahan dari saya, untuk pemula terutama untuk yang masih sekolah atau kulian bisa memilih bisnis online, kalau belum ada produk sendiri bisa menjual produk orang lain, dan lebih fleksibel untuk menjual jenis produk apapun, sehingga bisa di sesuaikan dengan jenis usaha apa yang bisa anda kuasai…

    Like

  2. Waktu sekolah dulu tambahannya jadi guru les private english adik kelas. Terus kasitau org tua malah dikurangin uang jajan. Haha. Kan dah punya duit sendiri ktanya. Tapi gk papa kok. Waktu itu emg ekonomi ortu agak sulit

    Like

Terimakasih sudah membaca.... ^_^

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s