Toko Buku Terbesar se Asia Tenggara?


Oke. Bermula dari rasa jengkel dan sebel, ga dapet komik yang lagi saya cari. Lalu, saya iseng search di Google, dimana sih yaaa…. toko buku yang super lengkap.  Sayangnya, saya masih belum mendapat informasi toko buku bagus di Jakarta selain Gramedia. *Ada yang bisa kasih info ke saya?*. Kalau di Surabaya, saya masih bisa singgah ke toko buku Togamas di daerah Diponegoro. Toko buku yang berani kasih diskon 20%, dan sudah saya bandingkan memang harganya lebih murah serta kasih fasilitas tempat baca yang enak. Atau ke Toko Buku Uranus, di daerah Ngagel.

Saya agak kaget, saat hasil search google bilang, ada toko buku terbesar di Indonesia . (Oke, masih di Gramedia.) Dan yang bikin kaget lagi, di salah satu forum bilang kalau Gramedia ini merupakan salah satu toko buku terbesar se Asia Tenggara. Meskipun minim diskon, tapi setidaknya mereka bilang ada tempat bacanya, tempatnya besar, dan bukunya lengkap. Really??

Nggak lama deh, kemarin saya langsung menuju lokasi. Di daerah Matraman.  Oke, saya naik busway dari Mampang. Buat yang pengin tahu rute busway nya. Saya naik busway jurusan ragunan ke dukuh atas. Transit di halte Halimun. Naik busway lagi ke arah Matraman. Transit di Matraman. Naik lagi busway ke arah kampung Melayu, beda satu halte doang. Turun di halte Tegalan. Dan lokasi Gramedia Matraman ini, tepat di depan halte Tegalan.

Banyak orang jualan makanan di pinggir jalan. Dan sepertinya menarik, tapi saya fokus ke Gramedia-nya jadi saya nggak respon sama warung-warung ini. *Sempet nglirik dikit sih, ada yang jual es durian, batagor, mie ayam, dll.skip*.

Gramedia ini ada 3 lantai, ehm..4 lantai sama basement. Lantai dasar diisi tas-tas, alat tulis, dll. Lantai 1…ehmm.. sepertinya diisi buku-buku pelajaran (saya nggak tengok apa-apa disini, karena fokus ke bagian komik). Di Lantai 2, baru ada novel , komik, buku pemerintahan, dll. Lantai basement, buat parkiran. *perlu dijelasin suasana parkirannya seperti apa? semacam parkiran pada umumnya lah*

Saya lebih suka Gramedia ini, dibandingkan gramedia yang di tempat lain. Lebih rapi, dan buku-bukunya gampang dicari. *Ada gramedia lain, yang buku-buku komiknya berantakan banget. Saya sampe harus bongkar-bongkar dan ikut ngrapiin cobaaaa….*. Dan pegawainya lebih aware sama costumer. Saya bawa buku banyak, dan disamperin sama mas-mas nya. “Bu, bukunya ditaruh tas ini aja. Biar nggak kerepotan bawanya.” Dann.. saya terima tas nya dan ditanyain lagi. “Ada yang bisa dibantu Kak?”. Saya senyum manis (semoga terasa manis) , “Oh udah mas. Terimakasih ya.”. Tuhh baik kan… Meskipun nggak konsisten, dari Bu ke Kak. Mungkin karena dia baru sadar, kalau saya masih gadis (bukan Janda). lol.

Pernah tuh, di toko buku lain, saya lihat pegawainya malah ngrumpi dong bok…. padahal cowok-cowok lho itu. Cuek aja. Dan, ketika saya tanya komik yang saya cari, jawabnya… ehhh…aahh…ohhh… *pengin colok hidungnya -sadis-*, pura-pura bantuin nyariin, trus ngilang. *sial*.

Saya cukup lama berada disini. Tiga jam. Saking senengnya berada di toko buku yang gede banget. Sayangnya, komik yang saya cari nggak ada. T_T. Mungkin karena udah edisi lama banget, jadi harus cari di loak. Tapi, sedihnya cukup terobati dengan koleksi-koleksi komik lama yang lain. Dan lebih banyak buku baru. Selain buku-buku, di lantai dua juga ada kafenya. Kopitiam. Buat yang mau baca buku sambil nongkrong juga boleh tuh. Karena spacenya lebih besar, jadi di antara rak-rak itu, banyak saya lihat muda-mudi duduk selonjoran sambil baca buku. Ehmm…saya agak kalap, berlebihan bukunya. Tapi puaasss…. *kepuasan nggak ada bandingannya bos , masih tanggal 10 ya.. tanggal 25 nya masih lama.. siap-siap makan indomie deh ini.. *

Suasananya rame ya. Sesuatu deh. Untungnya cuma di lantai dasar aja ramenya. Mungkin karena banyak barang elektronik yang dijual disini, kayak laptop, al quran digital, sampe alat fitnes. *alat fines, barang elektronik juga dong? kan dicolokin ke listrik*. Orang-orang pada nyobaik satu-satu bokk…. *Saya nggak nyoba lho ya…* Atau mungkin juga karena di lantai dasar ada penjual crepes, rame dikerubutin anak-anak. Saya sempat pengin ngerubutin, aromanya enak sihh.. tapi karena antriannya panjang, so..ga jadi deh.

Buat yang kelaperan, di lantai basement ada tempat makan juga. Hehe, saya lupa namanya. Semacam solaria gitu, tapi bukan solaria. Kalau mau cari mushola, agak jauh sih. Di bagian belakang sendiri, basement, deket parkiran motor. Puas dapet buku banyak, saya pun lapar. Batal makan Crepes, penginnya singgah ke warung-warung pinggir jalan itu. Pengin nyobain es krim durian atau pancake duriannya. Tapi, nggak jadi karena tiba-tiba gerimis mengundang.

Oke, saya pun kembali ke kos an dan puas dapet buku banyak. Horaaayy…! (nggak sempet foto-foto, fokusnya cari komik sih)

*Sepertinya saya gagal mendeskripsikan toko buku ini sebagai toko buku terbesar di Indonesia..eh Asia Tenggara seperti yang mereka bilang. Saya masih berharap ada toko buku lain, yang lebih besar, lebih lengkap, dan lebih cozy buat baca buku.*

14 thoughts on “Toko Buku Terbesar se Asia Tenggara?

  1. Misi agan , sya adlah salah satu karyawan gramedia gajah mada medan ,saya sbagai spg , di tempat saya bkerja sya tdk prnah ngerumpi wkwkwk , saya lebih seneng rapi2in buku …dan jualan buku …. Klo tmn2 mau beli komik lama atau bru tanya aja ke gue ….. Saya siap melayani anda …. Trima ksihhh gramedia book store enlightning people …:*

    Like

  2. Permisi, saya adlah salah satu karyawan atau spg gramedia gajah mada medan , di tempat saya bekerja sya tidak perna ngerumpi2 wkwkw .. Klok klian ada mau cari komik2 lama atau baru silahkn tanya ke saye yaahh haha saya akhiri gramedia book store and lightning people…..wkwkw

    Like

  3. Kalo mau cari buku2 lama ditempat yang nyaman itu di blok m square, disana banyak banget jual buku atau komik2 bekas dan ya enaknya tempatnya didalem pusar pebelanjaan.

    Like

  4. Ini gramedia yg di kwitang ya? Ato matraman ya? Ato … Wa gak tau de nama jln nya soalnya jadi penumpang si. The bookstore is quite big. Tapi gak komplit ya. Last year I got a chance to visit the bookstore when I went back to Jkt. But couldn’t find wht I was looking for. I ended got several books from Konikuniya. The one at plaza senayan.

    Like

  5. Itu zamannya oma oma yg baca ya? Ha.ha…. Ato kamunya masi terlalu kecil? Anak SMA ya? Diceritain dong tentang bacaan komiknya yg bikin kecanduannya dimana. Kasih liat cuplikan gambar yg bikin gak bisa tidur gitu. Ato digambar la, biar readers mu bisa tau juga.

    Like

    • hahah… iya tuh, jadul. aku kan ngikut di jamannya kobochan. *lol*

      hehe, iya udah pernah aku pasang gambar komik di tulisan sebelumnya kok. ini kan tentang gramedia, tapi waktu itu nggak bawa kamera, jadi nggak ada fotonya. lagi males. soalnya, bentuk gramedia nya biasa aja. nggak wow – banget. hehe. kalo mau nambahin, boleh lho…

      Like

Terimakasih sudah membaca.... ^_^

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s