Opo o kok mesti Sambal Bu Rudi??


Saya agak heran juga, kenapa temen-temen di Jakarta ini suka banget sama sambal bu Rudi dari Surabaya. Heboh gitu. Padahal saya, yang 20 tahun lebih beraktivitas di Surabaya, biasa-biasa aja. Ehm, saya nggak tahu tempat jualnya, dan saya nggak tahu rasanya karena saya memang nggak tahu apa-apa tentang sambal bu Rudi. Padahal, saya maniak sambal lho. *kemana aja itaa?*.

“Sambel bu Rudi itu gimana sih rasanya? katanya enak banget ya Ta?”, tanya salah satu temen kantor.

“Dek, kalau pulang titip sambel bu Rudi ya?”, kata salah satu saudara saya yang tinggal di Jakarta.

“Ta, kalau kamu pulang nanti Bapak ajak makan di depotnya bu Rudi. Uwenak ta, biar kamu tahu rasanya.”, kata Bapak.

Ehmm… ada apa toh ya sama sambel bu Rudi??

Akhirnya, saat pulang ke Surabaya beberapa hari lalu saya dengan bapak dan ibuk berkunjung ke sambel Bu Rudi. Ancer-ancer-nya, di depan SMKN 5, Jalan Dharma Husada. Alamat detailnya, ga tau wes lali, pokoke  daerah kunu lah. Daerah situ memang banyak banget tempat makan enak, tapi posisi depot Bu Rudi ada di sebelahnya bank CIMB Niaga. Wozz rame buuanget.  Lumayan gede tempatnya, di teras depan dipakai buat masak-masaknya, ada bakarannya gitu. Sing dijual gak cuma sambel tok, yang lain yo banyak.  Trus di teras itu, juga ada yang jual kue-kue kayak ote-ote, pisang goreng, dll, dan minuman ringan. Wozz…bersih bos. Ditaruh di etalase kok. So santai saja makan kue-kue disitu nggak dirubung laler *red.lalat.

Toko oleh-oleh Sambel Bu Rudi

Toko oleh-oleh Sambel Bu Rudi

Itu baru teras depannya. Masuk ke dalam, ada berbagai oleh-oleh Surabaya termasuk sambel bu rudi. Yang dijual nggak sambel tok. Yang lain juga banyak, kerupuk, kue, gorengan, roti, ceker ayam, banyak wis pokok e, bahkan sampai pisau pun dijual juga. Harganya nggak mahal-mahal banget sih, untuk ukuran sambel bu rudi dijual dengan harga kisaran 15.000 – 17.500. Sambelnya ada berbagai jenis, mau sambel terasi, sambel bawang, sambel ijo atau sambel rujak manis. Tinggal pilih. Dan kondisinya tiap hari baru. Saya ambil 5 sambel, sambel terasi dan sambel bawang. Kondisinya masih hangat bro.

berani terima tantangan makan sambel bu rudi?

berani terima tantangan makan sambel bu rudi?

Masuk ke dalam lagi, ada restoran. Nyambung gitu. Jadi, biar bapak-bapaknya makan. Embok-embok nya belanja oleh-oleh (*paling). Buat yang mau makan langsung disitu, bisa-bisa aja. Bisa banget malah. Menunya, macem-macem yang pasti masakan Jawa Timur. Menu Favorit bapak , sayur lodeh iwak Pe. Dan, emang muantep soro lodeh e. Ibuk saya pesen sambel iga penyet. Sambel nya juga passs!  Nasi e yo gak akeh pisan, cukupan lah. Saya sendiri, pesen penyet sambel udang. Udangnya digoreng sama tepung, dan sambelnya fresh sambel uleg. Sambal favorit saya memang, sambel uleg. Maksudnya, sambel yang dibikin dari bahan-bahan mentah / fresh trus diuleg langsung. Biasanya kan ada tuh sambel yang bawang-lombok-tomat nya digoreng dulu.

penyetan

Nah, biasanya ada waitres-waitres nya yang keliling sambil bawa nampan isi tempe goreng sama tahu goreng plus petisnya. Satu piring tempe/tahu harganya 5 ribu. Minumnya, es sinom yo enak, es degan yo enak pisan, atau mau jus jambu yo wenak. Sembarang wis. Lha wong enak.

Setelah kemari, baru saya tahu kenapa kok nyarinya sambel bu Rudi. Kenapa nggak sambel bu Paijo atau bu Paijem atau ibuk-ibuk yang lain. Sambelnya pas. Pedes banget sih nggak ya. Tapi pas di lidah. Makanya, banyak orang-orang luar Surabaya yang suka sama sambel ini. Apalagi Jakarta. Lha wong sambel Jakarta preketekk…ga pedes blass malah ga mantep. Kena sambel ini, paling wis gebras-gebres. Kalo saya suka sambel yang lebih pedes lagi dari ini. Wekeke.

“Bu Rudi, ini lho anak saya pengin tahu Bu Rudi itu yang mana,” kata bapak sambil nunjuk saya.

“Lhealaah nak… yo iki bu Rudi. Nek perlu opo-opo, langsung tunjuk ae. Iki lho Bu Rudi.”, kata Bu Rudi ceplosss…. Cetar, Ebes iki opo pisan sampe diomongno ke Bu Rudi-ne. -____-!

ikii lhooo bu Rudi...

ikii lhooo bu Rudi…

Asalnya dari Madiun. Percoyo wis, panganan madiun enak-enak ancene. Orangnya kecil tapi gesit. Gitu itu ya, Bu Rudi masih turun tangan langsung lho ke resto-nya. Masak langsung. Nggak pake takaran lagi masaknya. (*main feeling aja. sama kayak saya buk, saya juga kalau masak bumbunya ngawur. tapi bisa dimakan meskipun rasanya ngawur juga. oke skip!) Bu Rudi juga masih ikut Nata-nata barang, milihin pisang, ngecek ceker ayam, dan lain-lain. Saya juga nggak ngamatin detail, bu Rudi disitu ngapain aja. -___-, ( lapo pisan aku ndeloki wong nyambut gawe).  Wkwkwk. Kalau makan disana, kita akan disuguhkan tayangan gambar-gambar Bu Rudi sama tamu-tamu yang pernah makan disitu dalam layar TV LCD. Yang makan disitu tiba e artis sama pejabat-pejabat tok ee… suangar chiak.

Total-totalan terakhir, totalnya yo gak larang-larang banget seh. Paleng, seporsi sekitar 10 ribu – 20 ribu an. Sing nggarai entek akeh, yo tuku oleh-oleh e iku. Tapi gak po po lah rek, pisan-pisan. Sing penting ojok kebablasen ae. Hahaha. Oke. Sambel Bu Rudi, masuk daftar resto+oleh-oleh rekomended nang Suroboyo. Cuss rek.

oleh-oleh

oleh-oleh

*Lali nggak nggowo kamera. Ga isok jepret gambare dewe. Sepurane yo, iki tak upload foto-foto referensi dari google.

21 thoughts on “Opo o kok mesti Sambal Bu Rudi??

  1. Pingback: Oleh Oleh Khas Surabaya yang Wajib Kamu Bawa Pulang | Makanan Enak
  2. masiyo aku arek suroboyo, tapi ngertine sambel bu rudi malah teko oleh-oleh-e koncoku… sak durunge mangan wis kemecer, tapi begitu mangan langsung gobyos… pedes-e edan, tapi pancen rasane pas ambek ilatku…. sing mbencekno nek pas pupup ae… murus dkk… hahaha… tapi bener, sambel bu rudi rekomendet digawe oleh-oleh khas suroboyo….. (sayang rujak cingur embong malang gak tahan disimpen wulanan -anak kost/red.) wkwkwkwkwk……

    Like

  3. wah aku wes suwe gak mrono. jaman pacaran biyen saben liwat mesti mampir, padahal liwate saben dino haha.. pancen rekomendet lah bu rudy iki. jos kowos kowos..

    Like

Terimakasih sudah membaca.... ^_^

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s