Rainbow Cake Abstrak


Saya dan rainbow cake, apa hubungannya? Hubungan secara langsung, nggak ada. Secara saya nggak terlalu suka kue-kue begitu. Tapi, secara tidak langsung bisa dihubungkan karena weekend kemarin saya baru saja melihat proses pembuatan kue pelangi ini.

Jadi, ceritanya salah satu sepupu saya, Tasia, akan ulang tahun (hari minggu kemarin). Karena itu, si tante (mbak liza) mau bikin kue rainbow untuk perayaan ultah si Tasia. Menarik! Pikir saya. Terlebih, saya hampir selalu gagal bikin kue (*contoh : kue donat atos). Saya pun ikut nimbrung bersama Mbak Liza.

Kue rainbow bikinan Mbak Liza ini, tidak dioven. Tapi, dikukus. Untuk bahan-bahannya sendiri (ehem. seinget saya saja) :

siapkan

-gula dan mentega dikocok pakai mixer sampe mengembang. Serius ya, menggunakan mixer tanpa penyangganya, itu benar-benar bikin lengan pegel bok. Apalagi, harus dikocok sampai mengembang. Sekitar 20 menit an lah. Jadi, jangan remehkan para pembuat kue! Karena sebenarnya, punya lengan lebih kuat dari kita-kita bro.

20130112_101503

-Masukkan TDM. *Semoga namanya ga salah. Fungsinya sebagai pengembang adonan

-Masukkan terigu + susu bubuk.

-Bagi adonan menjadi beberapa bagian. Lalu, pada masing-masing bagian dimasukkan pewarna makanan.Β Boleh ditambah pewarna makanan yang ada rasanya. Mba Liza sendiri menambahkan warna biru, ijo, merah, dan ungu, tanpa rasa. Setelah itu, diaduk sampai warna merata.

20130112_102224

-Setiap bagian dikukus dalam tempat terpisah. Kira-kira 5 – 10 menit. Dilihat kondisi kue nya udah mateng apa belum. Diulangi terus, sampai semua bagian terkukus. Setelah itu, diangin-anginkan sebentar sampai panasnya hilang.

20130112_102534

Tahap yang paling susah adalah saat menumpuk masing-masing bagian ini. Alamak. Ada satu bgian yang dituang tidak rata ke dalam cetakan saat mau dikukus. Jadinya?? Miring bok. Setelah disusun, jatuhnya beneran miring kayak menara piza. Haha.

Di antara masing-masing bagian itu, bisa dioleskan krim (*kocokan mentega putih dan gula) atau selai. Terus, baru ditumpuk sama bagian yang lain. Setelah itu, bebas menghias!

20130112_110307

Menghias ngga segampang mennghias wajah bro. Mengoleskan krim ke seluruh permukaan kue sampai jadi mulus dan rapi itu ternyata sulittt gilak. Belepotan kemana-mana. Dan, jadinya abstrak! awwkk… Kreasi rainbow cake dari mbak liza dan saya adalah, setelah berhasil menumpuk kue dengan miring , mengoleskan krim sampai belepotan, lalu ditambah permen coklat. Jadi, sebenernya yang bikin menarik itu ya…. permen coklat sama coklatnya. hahaha.

20130112_121122

But so far, i get an experience from this. Dan, untuk pertama kalinya saya cicip rainbow cake ini.Yumm… rasanya kayak…roti kukus. Hahaha. namanya juga dikukus. Oke. Salam rain-bow!

Terimakasih sudah membaca.... ^_^

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s