Nanosatelit, Saatnya yang Muda yang Beraksi


Mengapa nanosatelit, identik dengan para muda mudi? Karena, mayoritas peminatnya adalah para mahasiswa (dan muda). Nanosatelit sesuai dengan nama depannya, “nano” yang berarti ukuran nya sangat kecil sekali. Nano itu, adiknya Mili (*ada milimeter, ada nanometer). Sedangkan, satelit ya… yang seperti sudah kita ketahui selama ini lah. (*ciyee padahal bingung jelasinnya).

Oke. Saya sedang mencari perbedaan nanosatelit dengan mormalsatelit yang ada sekarang. Yang pasti selain ukuran. Bagi penggemar dunia persatelitan, mengawali dengan nanosatelit bisa menjadi pilihan yang bagus. Siapa tahu kan ya, pengin bikin satelit. Dibuat dari yang nano-nano dulu lah, (small size). Dalam pengerjaannya, nanosatelit bisa menghabiskan dana total sekitar 2 – 3 milyar rupiah.  Tuh, duwit segitu mungkin bisa beli rumah + mobil + perabot isinya + modal kawin + beranak pinak. Bisa dibilang lebih murah ya, karena dibandingin bikin satelit yang normal, bisa menghabiskan dana sekitar 1 – 3 Triliun.

Buat para generasi muda, mungkin cuma mereka-mereka yang basic nya milyuner baru bisa bikin satelit sampe persis mengangkasa. Coba Paris Hilton mau bikin satelit ya? *Secara doski tajir berlebihan gitu bok, tapi urusan apa juga seorang Paris Hilton bikin satelit. Karena itu, para muda-mudi ini digandeng oleh instansi pemerintah untuk membuat nanosatelit. Bener sih, kalau pemerintah ikut campur kaki-tangan buat project ini karena hasil dari pembuatan nanosatelit bisa digunakan untuk kepentingan negara beserta rakyatnya. *Hahaha. Getok tongkat ala raja.

Kenapa muda-mudi? Karena yang muda masih punya semangat tinggi buat bikin sesuatu. Dan saya sebagai salah satu generasi muda juga merasakan itu. Apalagi kalau sasarannya mahasiwa, beuhh…loyalitasnya lebih dapet. Ditambah, yang nyuruh dosen. “Kerjakan, atau nilai jadi C.” Udah deh, pasti jalan tuh… *Itu sih ngancem.

Yah, buat para muda-mudi, satelit itu menjadi salah satu alat komunikasi yang penting. Karena dengan satelit, kita bisa melihat pergerakan bangsa-bangsa di dunia. Semua data bisa kita dapat, video-voice-teks, atau apapun bisa ditranmisikan lewat satelit real time. Jadi kebayang dong ya? Saat ini, saya sedang mencari informasi teknis berkaitan dengan nanosatelit. Hadeeuh…in english semua ya bok referensi nya. Ada yang punya dalam bahasa Indonesia? Saya lagi cinta mati sama bahasa ini. Monggo kita saling share. Yuk ah.

Advertisements

One thought on “Nanosatelit, Saatnya yang Muda yang Beraksi

  1. Buburkacangijo

    Misi mbak, boleh share buku-buku referensi soal nanosat ngga mbak? Aku masih ijo2 sih mbak, tertarik tapi bingung mau mulai dari mana

    Like

    Reply

Terimakasih sudah membaca.... ^_^

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s