Harapan & Optimisme



Assalamualaikum, Mas aji menurut mas bagaimana cara menghadapi teman yang selalu berpikiran negatif, jangankan ke hal hal lain malah kadang dia memandang dirinya sendiri negatif. menurut mas apa yang bisa saya lakukan sebagai temannya?

Wa’alaikumsalam. Seseorang yang berpikiran negatif tidak bisa melihat adanya harapan di dalam diri dan lingkungannya. Ada quote mengenai hal ini: 

Too much positive thinking will kill you, but negative thinking will make you die earlier.

Saya ingin bercerita. Dahulu, ketika Allah hendak menciptakan manusia, Allah menyampaikan rencananya kepada malaikat. Dalam suatu riwayat dikisahkan malaikat berkata kepada Allah,

“Manusia yang Engkau ciptakan itu akan merasa bosan hidup di dunia nantinya.”

Lalu Allah menjawab, “Tidak. Karena bersamanya Aku memberikan harapan sehingga dia selalu optimis.”

Allah pun menciptakan manusia dengan harapan dan optimisme. Itulah sebabnya, siapa yang kehilangan optimisme, siapa yang berpikiran negatif, sesungguhnya dia kehilangan wujud Tuhan di dalam dirinya. Dia beranggapan bahwa Tuhan tidak mampu mewujudkan apa yang diharapkannya. Padahal optimisme harus selalu menyertai kehidupan manusia.

Jika kita memandang mawar, jangan fokus melihat durinya. Jika kita ingin bepergian, jangan terlampau sedih memandang perpisahan yang terjadi. Apakah jika malam tiba, lalu matahari tidak akan terbit lagi?

Tentu tidak. Sebagai teman, yang perlu kamu lakukan adalah membantunya menemukan kembali harapannya yang hilang. Bantu ia melihat segala sesuatu dari sudut pandang yang berbeda. Dia bersikap seperti itu selama ini bisa jadi karena ia tidak pernah tahu bahwa selalu ada sisi lain dari segala hal yang terjadi di dunia ini.

Terimakasih sudah membaca.... ^_^

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s