Ngatur Duwit Buat Encang-Encing Yang Baru Kerja


Iseng-iseng nyari info kebutuhan anak kos, tiba-tiba saya menemukan satu artikeL bagus. Lebih cocok nya sih, untuk temen-temen yang baru dapet gaji pertama nih… Hehe. Salah satunya, saya. Meskipun sebelumnya udah pernah kerja disana-sini waktu kuliah, tetep aja gaji yang paling berkesan adalah gaji pertama setelah lulus kuliah.

Bukan karena Wow  nya, mulai saat itu saya harus hidup sendiri dan benar-benar mandiri. Bener-bener diatur duwitnya, biar cukup untuk hidup selama sebulan. Biar cukup untuk beli apa yang kita mau. Biar cukup untuk tabungan dan investasi. Biar cukup untuk kasih setoran ke ortu tiap bulannya.

Saya sendiri juga bingung. Saya pengin lanjut kuliah S2, beli rumah, tanah, mobil, investasi lain-lain, dan saya juga pengin beli baju, sepatu, aksesoris, kerudung, tas, dan masih banyak lagi.

Dengan gaji ini cukup kah?? I dunnow.Ya, minimal bolehlah kita bermimpi lebih dulu. Setelah itu baru diwujudkan satu per satu sesuai kemampuan. Nothing impossible guys! Bisa belanja, tapi juga bisa menabung untuk jangka panjang. Dan satu lagi, tetap bisa bersedekah. Sedekah itu wajib Guys!

Buat temen-temen yang sepemikiran dengan saya, (entah cewek atau cowok, whoever), artikel di bawah ini kayak nya oke untuk dijadikan salah satu referensi mengatur keuangan kita. Supaya hidup kita bisa tetep awet selama sebulan (dari tanggal gajian sampe tanggal gajian berikutnya), dan kita tetap bisa menabung dan investasi jangka panjang! Hahaha…

Financial Planning For First Jobber

 Mulailah Dengan Menetapkan Target/Impian Impian adalah motivasi terbaik.

Melakukan perencanaan keuangan demi mencapai tujuan tertentu akan terasa lebih mudah. Buatlah target spesifik, disertai jumlah rupiah dan jangka waktunya. Untuk lebih jelasnya liat contoh berikut:

1 tahun kerja: Jalan-jalan keluar negeri, Budget Rp. 5 juta

3 tahun kerja: Mobil Xenia, Harga Rp. 130 juta, DP Rp. 60 juta, Leasing 3 tahun

7 tahun kerja: Rumah di Cibubur, Harga Rp. 300 juta, DP Rp. 60 juta, KPR 15 tahun

Usia 55: Dana Pensiun, Biaya Hidup 10juta/bulan

Tetapkan Budget Setiap Bulan dan Taati Menetapkan budget dan menaatinya adalah obat mengatasi penyakit “tanggal tua”. Mulailah dengan hukum sederhana 30:30:20:20, yakni: 30% untuk menabung dan investasi hari depan, 30% untuk bayar sewa tempat tinggal (bagi anak kos), 20% untuk kebutuhan sehari-hari, 20% untuk hiburan. Ingat, jangan hidup di luar batas kemampuan!

Menabung Di Depan, Jangan Di Belakang

“Pay Your Self First”, jika tidak maka anda tidak akan pernah berhasil menabung dan melenceng dari perencanaan budget yang sudah anda buat sebelumnya. Habit yang salah selama ini adalah membelanjakan uang untuk kebutuhan sehari-hari terlebih dahulu baru setelah itu menabungkan sisanya, syukur-syukur jika masih ada sedikiiiit yg tersisa untuk ditabung, jangan-jangan justru tidak tersisa sama sekali (mayoritas inilah yang terjadi).

Catat Semua Uang Yang Keluar

Cara ampuh untuk mengawasi keuangan adalah dengan mencatat kemana perginya uang anda. Historical ini awalnya akan mengagetkan anda karena menguak habit penggunaan uang anda, selanjutnya ini akan menjadi alarm akurat jika terjadi masalah keuangan. Jika mengharuskan anda untuk memangkas beberapa budget dikarenakan ada pengeluaran penting yang mendadak, mengapa tidak? Bayar hutang biasanya tidak bisa diganggu gugat, tapi pengeluaran seperti TV kabel atau fitness club membership bisa dikurangi jika memang kondisi keuangan tidak memungkinkan di bulan berjalan.

Mulailah Hari Ini! Jangan Besok!

Harga sebuah penundaan sangatlah mahal. Semakin awal Anda memulai, semakin kecil dana yang Anda harus alokasikan setiap bulannya secara regular untuk mengembangkan jumlah aset Anda. Penundaan seperti ini sering berujung pada: tidak pernah sempat menabung. Seperti ungkapan Mother Teresa, ‘Yesterday is gone. Tomorrow has not yet come. We have only today. Let us begin’

sumber : sini

Advertisements

Terimakasih sudah membaca.... ^_^

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s