English Class with Greg


Hai… today’s at the first time, i join with conversation class. I prefer to course in EF (English First). Fun! And, i appreciate with our tutor, Greg. —oke, karena pegel, jadi berlanjut ke bahasa indonesia saja —–

Jadi, kemarin (kamis jam 1), saya ikut placement tes dulu. Disitu, dikasih soal dan disuruh bikin karangan (sekitar sepertiga halaman). Dan, saya pun mengikutinya dengan santai…. Terlebih, saat itu cuma satu yang ikut tes, yaitu saya. Hehehe. Jadi, lebih fokus dan tenang. Dan dipastikan, (sialnya) saya tidak bisa nyontek siapapun. Bagus kan?? (nangis raung-raung).

Tes belum berakhir men… 10 menit istirahat bentar. Terus, saya masuk lagi ke ruangan yang sama. Bersama interviewer , namanya Spencer (baru kedengaran jelas, setelah saya bertanya untuk kedua kalinya. Dan, nama itu terus saya ulang di depannya. Ya ya.. Spencer sampai melongo melihat saya —how stupid i am). DIsitu, kita ngobrol. Dan, disuruh menceritakan beberapa gambar dan menceritakan aktivitas dari senin sampai senin lagi (seminggu). Sekitar 30 menit an lah.

Dan, di akhir interview, Spencer memberi tahu saya “bla…blaa…wazz,,,weezzz…woozzzz….. oke..! Your english is zzzzz wwwhhkk bbddgssm.. in the lobby.”. Jadi intinya saya disuruh ke lobby. (heheh… karena ngomongnya nyerempet banget antara huruf satu dengan huruf lainnya.) Setelah di lobby, si mbak-mbak FO memberitahu lagi. Ya lagi.

“Bahasa inggrismu lumayan bagus kok Ita… Kamu masuk ke level High Level Intermediete.”, ujar mbk nya dengan senyum.

“Lhoh, mbk! Saya kan pengin masuk ke level intermediete.”, Gila aja! Di EF intinya ada tingkatan 4 level. Ada basic – elementary – intermediete – dan advance. KOk level saya nggak ada di empat level itu! Bodoh nyaaa….

SI mbak tadi tetap tersenyum manis. Dan kembali menjelaskan kepada saya. “GIni mbk… untuk masuk kelas conversation, memang minimal hasil placement tes nya harus di level intermediete. Dan, hasil placement tes kamu, itu masuk ke high level intermediete, yaitu diantara level intermediete dan advance.”,

Taraaaa……. oh emjy… Β terlihat sekali kebodohan saya. Ya… alhamdulillah… saya masuk ke level yang lumayan nggak bodo-bodo banget. Oke, saya senang. (tersenyum rendah hati).

Dan, hari ini pun kelas dimulai jam 18.10. Saya dateng ontime sekali, jam 18.08 (terjebak macet, harus ngambil duwit di ATM dulu, antri parkiran, dan lain-lain) Dan, setelah mengurus pembayaran administrasi, dan lain-lain, tepat jam 18.10, saya masuk kelas. London Class, namanya. Itupun baru nemu kelasnya, setelah 2 kali salah masuk.

Wah, asik lho kelasnya. Cuma 7 orang, termasuk saya. Dan, tadi yang dateng cuma 5. Saya suka, karena nggak terlalu ramai, jadi belajarnya lebih efektif. Ya.. maklum hari pertama, jadi masih semangatlah. Moga2 sampai terakhir juga terus semangat! Udah bayar mahal bokkk….

Teman saya, si Lukman, – Aini – ELiana – Saya – Fizrah / Faris / sapa gitu,,,saya lupa.

Dan,,,,,les hari ini diisi dengan full english. Greg adalah orang australi. Waktu kecil tinggal di perancis. Tapi, setelah umur 17 tahun, dia pindah ke australi. Si Greg nggak mau, kalo ngomong indonesia. Entahlah…tapi demi konsistesnsi les inggris, kita berusaha ngomong inggris. Dengan berbagai gaya, mulai gaya medok sampe gaya di sok-sok bule in. Padahal, istrinya Greg orang madura asli lho. Hehehe. –Gaya—. Tapi, orang nya menyenangkan. Lucu dan santai.

Kita diajari cara ngomong orang inggris yang suka nyambung-nyambung. Seperti,

I am a doctor — i’m a doctor. Dan cara bacanya lebih gandeng lagi. BIsa-bisa kita dengernya jadi gini nih, ” I’m tor. ”

Meskipun Greg pinter bahasa inggris, menurut dia, bahasa inggris bukan bahasa yang paling gampang dipelajari. Menurutnya, bahasa Asia lebih mudah. Seperti, Jepang atau cina. Untuk Jepang, saya pro. Kalo cina, nggak terlalu. Heheh. “English is craziezz language in the world,”, menurutnya. Wow..terperangah juga nih. Baru ngerti gitu. Kalo menurut saya, ya BAHASA INDONESIA adalah bahasa yang paling mudah untuk dipelajari. Hehehe.

Sebenernya, kita cuma terbawa arus aja, dengan simbol bahasa inggris sebagai bahasa internasional. Untuk bisnis, harus bisa bahasa inggris. Untuk sekolah di luar negeri, harus bisa bahasa inggris. Untuk ini, untuk itu, harus pake bahasa inggris. Padahal, kalo di tela ah lebih jauh, bahasa inggris itu susunannya kacau lho! GItu, kata Greg. Dan, saya bersama teman-teman mengangguk dengan sangat kencang, tanda sangat setuju banget.

Yah…itulah sebagian fun stories hari ini. Semoga selalu fun dan semangat di pertemuan berikutnya!

Salam INggris!

Advertisements

31 thoughts on “English Class with Greg

    1. English Second Bahasa First

      Baik di Trailblazers atau Frontrunner terdapat level 5. Yang membedakan ialah pertama, trailblazers ditujukan utk anak usia 10-13 tahun sedangkan frontrunner utk siapa saja yg berusia 14+. Perbedaan kedua ialah Cambridge Exam nya (ESOL), level 5 di trailblazers masuknya ke KET (Kids English Test) sedangkan level 5 di frontrunner masuknya ke PET (Preliminary English Test). Tentu materinya akan berbeda walaupun levelnya sama

      Like

      Reply
  1. febriawan

    I take caonversarion class too at EF now.
    Few months ago i take conversation class at LIA.
    And there’s few a difference from both of them.
    Hehehe but i more enjoyed at EF. :).
    (There explain why EF more expensive than LIA) lol

    Like

    Reply
  2. Nissa (@frhnissa)

    HI kak ^^ mau tanya dong, di EF itu ada berapa level ? terus lulus satu level nya itu kira-kira berapa lama ? kelas conversation sama kelas reguler itu apa bedanya dan apa hubungannya ? pertemuannya berapa kali seminggu ?
    maaf kebanyakan peertanyaannya hehe tapi tolong di jawab ya kak πŸ˜€

    Like

    Reply
  3. RedZz

    Hello salam kenal, permisi blog walking πŸ˜‰

    saya juga dulunya les di EF, selama hampir dua tahun gt.. sekarang lagi kangen beraaaatttt sama EF! kebetulan saya juga dulu kelas conversation loh. emang kelasnya mendukung banget kan untuk diskusi, boost up confidence. dan lagi, sekarang saya kerja di lingkungan yg emang kebetulan banyak bulenya, jadi kepake banget pelajaran yang dulu didapet dari EF.. heheh..

    kamu apa kabar? gimana perkembangan bahasa Inggrisnya sekarang?
    salam kenal dan salam blogwalker ya πŸ˜‰
    have a nice day!

    Like

    Reply
    1. rewinnita Post author

      Hihi… hai juga, jangan2 kita sekelas lagi dulu? haha.
      Kabar baik disini, kamu apa kabar?
      Enak dong ya, bisa kepake intensif english nya. Sekarang sih aku balik medok indo suroboyo. Sekarang saya lagi pengin ke TOEFL / IELTS kali ya.. hehe.

      Like

      Reply
  4. Dy

    Aku masih 16 tahun dan sebenernya pengen masuk kelas conversation. Kata resepsionis memang conversation buat 18 keatas ya? Tp katanya, kalau aku mau ikut kelas conversation, paling enggak hasil placement testku di conversation itu intermediate. Setelah di interview, aku dapet intermediate. Tapi resepsionisnya nyaranin aku ikut kelas reguler karena aku kan mau ngehadepin UN. Sementara kalau di kelas reguler, aku dapet kelas Book 6 (kel. Trailblazers 10-13 th) πŸ˜₯ Jadi bagusnya aku ngambil yang mana ya?

    Like

    Reply
    1. rewinnita Post author

      hai.. wah dilema juga ya… hihi.
      Menurutku sih, mending km fokus sama tujuan km les disitu. Kalau tujuannya mau asah conversation, ya ttp ambil kelas conversation aja..lagian hasil placement test nya udah memenuhi standard kan… :))

      semoga membantu ^_^

      Like

      Reply
  5. arum aprillia

    pertama masuk kls conversation emang langsung ngomong gitu ya mbak ? hmm pengen tapi takut hehehe… skrg gmn mbak perkembangannya ? bisa lancar gitu ya ngomong bahasa inggrisnya ? hehe dibales ya mbak :)))

    Like

    Reply
    1. rewinnita Post author

      Hai Arum,
      hihi.. iya aku juga grogi gitu waktu ikut kelas pertama kali. Tapi ternyata seru lho. Ikut aja.. ga usah takut. Hehe.

      Kalau sekarang sih Alhamdulillah bisa ngobrol pas ada bule lewat.. :))

      Like

      Reply
  6. I

    Saya abis placement test terus dapet kelas b11 c11 itu maksudnya apa ya? Oiya kalo ga jago english nya bakalan digabung sama SD SMP ga? Saya SMA

    Like

    Reply
  7. pandu

    sama nih, meskipun hbs jawab bulenya bilang exellent answer tetep aja masuk yg level elementary buat kelas conversation -__-

    Like

    Reply
    1. rewinnita Post author

      mungkin, biar kamu lebih excellent lagi ngomong inggrisnya… makanya, diasah dari dasar dulu… semangat les!

      Like

      Reply
  8. Zayn's future wife ._.

    mau tanya dongg!! aku abis test di EF trs hasilnya aku masuk di level elementary -,___- itu buat lvl yg bodo2 bgt gasih? test gue gabagus soalnnya nervous bgt! padahal dirumah klo ngomong bhs.inggris ceprat ceprot

    Like

    Reply
    1. rewinnita Post author

      wah… sebenernya masuk dari elementary ada baiknya juga lho. bisa belajar bhs inggris dari dasar, jadi ntar fondasi inggris nya makin kuat. apalagi, kalo belajarnya langsung sama bule. hehe.

      Like

      Reply
  9. wekachan

    Hai
    Org bule aja blng klo bhs.eng itu rumit.Dan bkn doi aj yg blng gitu,guru gue di EF dan guru di engvid pun blng gitu.Aplg kt yg br kenal bhs eng bkn dr bayi .Rumitnya 2x lipat hha
    Btw,aku jg les di EF.Tp g ambil yg conversation.Pngn deh ngambil yg itu.Klo kls conv di ksh bk jg g?Trs byrnya sm kyk kls reg?Klo saya ambil dua kelas bs g ya?Kls reg dan kls conv
    Anyway,have you spoken English very well now?

    Like

    Reply
    1. rewinnita Post author

      kelas conversation, kalo ngga salah ngga dapet buku deh. cuma, tiap pertemuan dapet modul lembaran gitu. per materi nya. trus, tiap pertemuan pasti ada games-games nya. tergantung kebutuhan juga sih, mau fokus ke speaking atau general. harusnya sih bisa ambil dua kelas langsung, asal bisa bagi waktunya aja. ^_^

      Like

      Reply
    1. rewinnita Post author

      tes nya…. kita isi soal2 gitu… (maaf, karena uda lama jadi agak lupa), trus mengarang bebas. yang masih inget, waktu interview sama tutor native nya si. kalo interview gitu, yang penting ngomong aja. bener-salah, urusan belakangan. hehe.

      Like

      Reply
  10. dina

    mbak, mau nanyaa.. kalo level real english nya sama? basic dulu, trus elementary, trus intermediete trakhr trtinggi itu advance?

    Like

    Reply

Terimakasih sudah membaca.... ^_^

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s