3G n 4G


Di minggu pertama kuliah,Β  salah satu dosen sudah memberikan tugas sunnah. Dosen tersebut menyebutkan sunnah, karena memang tidak wajib untuk dikerjakan, dan persentasi nilai nya pun hanya 10%. Tapi, saya menangkap, dosen tersebut hanya ingin meringankan beban kami, yang memang sedang mengerjakan Tugas Akhir, jadi tidak ingin membebankan banyak tugas. Tapi lagi, di sela-sela ke-SUNNAH-an itu muncul kalimat, “Ya, kalau nggak dikerjakan boleh-boleh saja. Namanya aja sunnah kan. Tapi, kalau satu semester seluruh tugas ndak dikerjakan, ya berarti nilai 10% itu jadi NOL semua.”

Tuwing-tuwing… ya ya ya… intinya, kami minimal harus mengerjakan lah.

Tugas pertama, adalah mencari perbedaan teknologi 3G dan 4G. Bukan teknologi yang fresh baru di dunia (bagi Indonesia masih lumayan baru), tapi menarik untuk dipelajari. Akhirnya, saya pun searching mencari di berbagai artikel online. Dan, faktanya memang menarik sekali. Berikut yang saya temkukan.

4G adalah singkatan dari istilah fourth-generation technology. Istilah ini umumnya digunakan mengacu kepada pengembangan teknologi telepon seluler. 4G merupakan pengembangan dari teknologi 3G. Nama resmi dari teknologi 4G ini menurut IEEE (Institute of Electrical and Electronics Engineers) adalah “3G and beyond”.

Perkembangan teknologi nirkabel dapat dirangkum sebagai berikut:

Generasi pertama: hampir seluruh sistem pada generasi ini merupakan system analog dengan kecepatan rendah (low-speed) dan suara sebagai objek utama. Contoh: NMT (Nordic Mobile Telephone) dan AMPS (Analog Mobile Phone System).

Generasi kedua : dijadikan standar komersial dengan format digital, kecepatan rendah – menengah. Contoh : GSM (Global System for Mobile Communication) dan CDMA2000 (Code Division Multiple Access) 1xRTT.

Generasi ketiga : digital, mampu mentransfer data dengan kecepatan tinggi (high-speed) dan aplikasi musltimedia, untuk broadband. Contoh : W-CDMA (atau dikenal juga dengan UMTS) dan CDMA2000 1x Ev-DO (Evolution Data Only).

Antara generasi kedua dan generasi ketiga, sering disisipkan Generasi 2,5 yaitu digital, kecepatan menengah (hingga 150 Kbps). Teknologi yang masuk kategori 2,5 G adalah layanan berbasis data seperti GPRS (General Packet Radio Service) dan EDGE (Enhance Data rate for GSM Evolution) pada domain GSM dan PDN (Packet Data Network) pada domain CDMA. 4G merupakan pengembangan dari teknologi 3G. Nama resmi dari teknologi 4G ini menurut IEEE (Institute of Electrical and Electronics Engineers) adalah “3G and beyond“. Sebelum 4G, High-Speed Downlink Packet Access (HSDPA) yang kadangkala disebut sebagai teknologi 3,5G telah dikembangkan oleh WCDMA sama seperti Ev-DO mengembangkan CDMA2000. HSDPA adalah sebuah protocol telepon selular yang memberikan jalur evolusi untuk jaringan Universal Mobile Telecommunications System (UMTS) yang akan dapat memberikan kapasitas data yang lebih besar (sampai 14,4 Mbit/detik arah turun).

Sistem 4G akan dapat menyediakan solusi IP yang komprehensif dimana suara, data, dan arus multimedia dapat sampai kepada pengguna kapan saja dan dimana saja, pada rata-rata data lebih tinggi dari generasi sebelumnya. Belum ada definisi formal untuk 4G. Bagaimanapun, terdapat beberapa pendapat yang ditujukan untuk 4G, yakni: 4G akan merupakan sistem berbasis IP terintegrasi penuh. Ini akan dicapai setelah teknologi kabel dan nirkabel dapat dikenversikan dan mampu menghasilkan kecepatan 100Mb/detik dan 1Gb/detik baik dalam maupun luar ruang dengan kualitas premium dan keamanan tinggi. 4G akan menawarkan segala jenis layanan dengan harga yang terjangkau. Setiap handset 4G akan langsung mempunyai nomor IP v6 dilengkapi dengan kemampuan untuk berinteraksi internet telephony yang berbasis Session Initiation Protocol (SIP). Semua jenis radio transmisi seperti GSM, TDMA, EDGE, CDMA 2G, 2.5G akan dapat digunakan, dan dapat berintegrasi dengan mudah dengan radio yang di operasikan tanpa lisensi seperti IEEE 802.11 di frekuensi 2.4GHz & 5-5.8Ghz, Bluetooth dan selular. Integrasi voice dan data dalam channel yang sama. Integrasi voice dan data aplikasi SIP-enabled.

Secara sederhana, dapat diartikan bahwa teknologi 1G adalah telepon analog/PSTN. Sementara teknologi 2G, 2.5G, dan 3G merupakan ISDN. Indonesia pada saat ini sebenarnya baru saja memasuki dan memulai tahap 3.5G atau yang biasa disebut sebagai HSDPA (High Speed Download Packet Access) yang mampu memberikan kecepatan akses hingga 3.6 Mb/s (termasuk koneksi pita lebar (broadband connection)). Berkaitan dengan teknologi 4G, SIP adalah protocol inti dalam internet telephony yang merupakan evolusi terkini dari Voice over Internet Protocol maupun Telephony over Internet Protocol. Teknologi tersebut banyak di perdebatkan oleh operator, pemerintah dan DPR belakangan ini. Tidak lama lagi internet telephony akan menjadi tulang punggung utama infrastruktur telekomunikasi. Teknologi internet telephony memungkinkan pembangun infrastruktur telekomunikasi rakyat secara swadaya masyarakat (tanpa Bank Dunia, IMF maupun ADB) bahkan mungkin tanpa kontrol pemerintah sama sekali. Dengan teknologi SIP dalam 4G, nomor telepon PSTN hanyalah sebagian kecil dari identifikasi telepon. Bagian besarnya akan dilakukan menggunakan URL. Kita tidak lagi perlu bergantung pada nomor telepon yang dikendalikan oleh pemerintah untuk berkomunikasi via internet-telepon. Infrastruktr internet telephony memungkinkan kita untuk menyelenggarakan sendiri banyak hal tanpa tergantung lisensi pemerintah dan tidak melanggar hukum. Teknologi 4G juga akan menyebabkan kemunduran bagi teknologi Internet Network (IN) yang saat ini merupakan infrastruktur telekomunikasi yang digunakan berbagai. Hal tersebut disebabkan terbukanya jalur arus bawah yang dapat didownload dan diakses gratis dari internet.

Perbedaan 3G & 4G

3G :

Frequency Band : 1.8 – 2.5 GHz

Bandwidth : 5-20 MHz

Data rate : Up to 2Mbps

Access : Wideband CDMA

FEC : Turbo-codes

Switching :Circuit/Packet

Top speeds : 200 kmph

4G :

Frequency Band : 2 – 8 GHz

Bandwidth : 5-20 MHz

Data rate : 20 Mbps or more

Access : Multi-carrier – CDMA or OFDM(TDMA)

FEC : Concatenated codes

Switching : Packet

Top speeds : 200 kmph

sumber : http://alx-aftha.blogspot.com/2009/05/3g-vs-4g.html

Terimakasih sudah membaca.... ^_^

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s