Gajahku udah mulai jinak…..


Alhamdulillah….

Cuma itu yang bisa terucap dari mulut saya, ketika program yang saya idam-idamkan berhasil berjalan. Memasukkan data marker ke PHP melalui database. Setelah sebelumnya, cukup dibuat bingung dengan pergantian databasenya. Tiba-tiba dosen saya waktu itu, meminta database yang semula menggunakan SQL diganti ke PostgreSQL.

Wuah wuah wuah, ekspresi pertama saya langsung terdiam terpaku. GEje, karena saya belum tahu seperti apa postgreSQL itu.Yang saya ingat adalah kalimat seorang teman, yang sudah saya anggap kakak saya sendiri, mbk urik, “Pokoke, kalo MySQL Itu lumba-lumba, kalo POstgreSQL itu GAJAH!”. Walah, teruss hubunganeeee opoooo…………. krik-krik-krik

Bener-bener bikin sumpek. Tapi, rasa sumpek itu nggak berlangsung lama. Karena ternyata POstgreSQL nggak jauh beda penggunaanya dengan MySQL. DAn ternyata, setelah pembelajaran yang cukup lama dan panjang tahapnya, ternyata benar.

Lumba-lumba sama gajah, memang beda. Tapi bedanya cuma, lumba-lumba hidup di air dan gajah hidup di darat. Di luar itu, logikanya sama. Huwahahaha…. Dan pertama berkenalan dengan si Gajah imut ini, benar-benar menjengkelkan karena saya belum paham sintax-sintaxnya. Lalu saya samakan dengan SQL, logikanya cara untuk mengopi, mendelete, mengupdate, dan lain-lain rupanya tidak jauh berbeda.

“ALon-alon, asal kelakon”, kata orang Jawa sih gitu. TApi bagi saya, pepatah itu kurang sreg. YAng bener tuh, “ALon-alon, rutin, pasti kelakon”. Setelah berhasil menitik i peta nya si Mbah Gugle dari database, dan dengan bantuan mz Aziz (tenkyuww…), yA ALLAH…..ALHAMDULILLAHH GUSTI……..

Nggak ada sesuatu yang instan bisa dipahami. PAsti ada tahapnya. INi pelajaran dari TA yang pertama, yaitu sabar dan jangan pantang menyerah. Pelajaran dari DetEksi, jangan pernah bilang NGGAK BISA Kalau belum MENCOBA!!

Ucapan para editor itu ternyata berguna juga lho. SEtahun saya di DRILL di sana, kebawa sampe sekarang. AMin…amin…amin…

INi baru loncatan batu pertama, setelah ini masih ada loncatan-loncatan batu berikutnya. BElum saatnya berbangga hati, masih ada banyak hal yang harus saya lakukan untuk membuat gajah ini lebih jinak dan mau menyatu dengan peta saya. Bismillahirrahmanirrahim…..

Terimakasih sudah membaca.... ^_^

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s